Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali

Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali menawarkan konsep wisata sambil belajar yang sangat menyenangkan dan cocok untuk rombongan keluarga. Tidak heran bila tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing. Mau tahu harganya? tetap simak penjelasan mimin ya

Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali
Penyu

Pulau Penyu merupakan lokasi penangkaran beberapa jenis Penyu yang dilindungi dan hampir punah, di antaranya Penyu Hijau, Penyu Lekang, Penyu Sisik, dan Penyu Pipih.

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga pasti sangat senang mengunjungi Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali karena dapat melihat dan memegang Penyu secara langsung. Selain itu, kita juga dapat menyaksikan Penyu-penyu yang baru menetas dan melihat bagaimana penangkarannya.

Cek : Harga Tiket Bali Safari Park

alternatif wisata keluarga

Di Pulau Penyu, tidak cuma ada Penyu saja. Tapi juga ada bermacam-macam hewan menarik lain seperti Kalelawar Buah, Ular, Monyet, Burung Elang, Burung Kakak Tua, dan masih banyak lagi.

Selain dapat berfoto dengan Penyu dan hewan lainnya, Anda juga diperkenankan memberi makanan yang sudah disediakan dari pengelola.

Cara Menuju Lokasi Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali

Mulanya, Pulau Penyu yang terletak tidak jauh dari Pantai Tanjung Benoa, Bali merupakan sebuah pulau kecil tempat penangkaran dan rehabilitasi bagi Penyu-penyu yang secara tidak sengaja terjerat jaring nelayan.

Pemerintah setempat kemudian menjadikan pulau tersebut sebagai tempat penangkaran untuk melindungi Penyu Hijau dan beberapa jenis Penyu lain yang semakin berkurang populasinya.

Jauh sebelumnya, lokasi yang sekarang ini bernama Pulau Penyu (Turtle Island) sejak dahulu sudah dijadikan oleh masyarakat setempat sebagai tempat konservasi satwa Penyu. Daerah tersebut merupakan sebuah daratan timbul berupa hamparan pasir yang terdapat rawa-rawa di sekelilingnya.

Daratan ini akan tertutup oleh air laut ketika pasang tiba. Seiring perjalanan waktu, lokasi tersebut sudah dikembangkan mejadi obyek wisata bernama Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali dan cukup ramai dikunjungi wisatawan.

Untuk menuju ke Pulau Penyu, wisatawan harus menaiki perahu dari pesisir Pantai Tanjung Benoa. Perahu yang digunakan bukanlah perahu biasa, tetapi sejenis perahu yang bernama Glass Bottom Boat di mana bagian lantainya terbuat dari kaca yang tembus pandang.

Glass Bottom Boat Bali
Glass Bottom Boat di Tanjung Benoa
Glass Bottom Boat Bali
Glass Bottom Boat di Tanjung Benoa Bali

Lama perjalanan menuju ke Turtle Island sekitar 15-20 menit. Selama perjalanan Anda bisa melihat pemandangan bawah laut yang indah dengan terumbu karang serta ikan-ikan aneka warna yang cantik melalui kaca tembus pandang yang ada di bagian lantai perahu.

Aktivitas Wisata di Turtle Island Bali

Setibanya di Pulau Penyu, wisatawan dapat melihat-lihat bagaimana Penyu-penyu langka dikonservasi. Selain Penyu, ada juga satwa liar lainnya yang dilindungi seperti Ular Piton, Kalelawar, Burung Elang Jawa, Buaya, dan beberapa jenis hewan lainnya.

Anda bisa berinteraksi serta berfoto bersama Penyu dan beberapa hewan lainnya. Aktivitas ini tentu sangat menarik bagi anak-anak, sekaligus memperkenalkan aneka kekayaan laut Indonesia yang begitu mempesona kepada mereka.

Selain Penyu-penyu dewasa, di tempat ini juga ada Penyu yang masih kecil atau biasa disebut tukik. Pengunjung tidak hanya dapat berfoto dan menggendong Penyu, tapi juga diperbolehkan memberi makan Penyu dengan makanan yang sudah disediakan pihak pengelola.

Pulau Penyu Bali
Penyu di Tanjung Benoa Bali

Selain dipelihara, Penyu-penyu kecil atau tukik yang sudah berumur 1 bulan biasanya akan dilepaskan ke laut supaya dapat beradaptasi dengan habitat aslinya.

Tetapi tidak semua anak Penyu dilepaskan karena kemungkinan hanya sebagian kecil saja yang dapat bertahan hidup. Hanya sekitar 50% tukik yang berumur 1 bulan dilepaskan ke laut karena khawatir nantinya banyak yang dimangsa predator.

Tempat Penangkaran Penyu Bali
Tempat Penangkaran Penyu di Tanjung Benoa Bali

Dengan adanya konservasi Penyu Hijau di Pulau Penyu Bali, membuat populasi dari hewan langka ini kian meningkat. Terutama pada saat musim kawin, telur-telur yang dihasilkan akan diselamatkan oleh warga dan ditetaskan sehingga selamat dari ancaman para pemangsa.

Harga Tiket Masuk Pulau Penyu Bali Tanjung Benoa

Untuk menuju ke Pulau Penyu, pengunjung harus menyewa Glass Bottom Boat. Tarifnya lebih murah jika booking online melalui Balipedia. 1 boat memiliki kapasitas maksimal 10 orang dan tidak dicampur sama orang lain.

Harga Glass bottom boat (GBB) + Pulau Penyu Bali

AktifitasHarga BalipediaHarga di Lokasi
GBB + Pulau Penyu Bali350.000500.000

NOTE: Harga diatas (Rp) untuk 1 boat bukan untuk 1 orang. Kapasitas maksimal 1 boat muat 10 orang dan tidak dicampur sama orang lain. Misal Anda ber-5 atau berdua atau sendirian selama jumlahnya maksimal 10 orang, tetap saja dikenakan harga 1 boat. Pesan tiketnya disini

Setibanya di Pulau Penyu Tanjung Benoa, wisatawan akan dipandu oleh warga lokal sambil diajak berkeliling melihat Penyu-penyu dan satwa lainnya yang ada di sekitar kawasan konservasi.

Namun, sebelumnya wisatawan domestik diharuskan membeli tiket masuk Pulau Penyu sebesar Rp 10.000 yang merupakan donasi bagi kawasan konservasi Pulau Penyu. Untuk anak-anak di bawah usia 8 tahun biasanya dikenakan setengah harga tiket masuk.

Uang donasi yang terkumpul, nantinya akan dijadikan sebagai dana operasional bagi perawatan dan pengelolaan kawasan penangkaran Penyu dan satwa lainnya di pulau tersebut.

Cek: Harga Watersport Tanjung Benoa Bali

Ketika tiba di dekat Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali, jika air laut surut, perahu tidak dapat mendekati bibir pantai karena kondisi perairannya yang sangat dangkal. Oleh karena itu, pengunjung harus berjalan menyusuri air laut setinggi mata kaki untuk sampai menuju Pulau Penyu. Namun jika air sedang pasang, boat tetap bisa bersandar di bibir pantai.

Booking Yuk!

Cara pesan tiket Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali tidak perlu ribet. Cukup isi form dibawah ini dan cari menu “Glass bottom boat + Pulau Penyu”

  • Note:

    Sebelum isi form dibawah ini, mohon dibaca dengan baik
    * Harga dibawah ini adalah harga per-orang dan khusus untuk wisatawan domestik (WNI) atau Kitas Holder
    * Harga Anak = Harga Dewasa
    * Usia untuk bisa ikut watersport 7 - 65 th, kecuali snorkeling, scuba diving, seawalker, flyboard, waterski, wakeboard minimal usia 12 th
    * Isi jumlah orang di kolom 'Quantity' dengan nomor atau angka saja
  • Pilih Permainan Watersport

  • Price: Rp 70.000
    Banana boat minimal booking: 2 orang
  • Price: Rp 80.000
    Parasailing minimal booking: 1 orang
  • Price: Rp 150.000
    Jetski minimal booking: 1 orang
  • Price: Rp 150.000
    Flying fish minimal booking: 2 orang
  • Price: Rp 80.000
    Rolling donut minimal booking: 2 orang
  • Price: Rp 550.000
    Flyboard minimal booking: 1 orang
  • Price: Rp 350.000
    Parasailing Adventure minimal booking: 1 orang
  • Price: Rp 350.000
    Seawalker minimal booking: 1 orang
  • Price: Rp 300.000
    Scuba diving minimal booking: 1 orang
  • Price: Rp 150.000
    Snorkeling minimal booking: 2 orang
  • Price: Rp 250.000
    Wakeboard minimal booking: 1 orang
  • Price: Rp 250.000
    Waterski minimal booking: 1 orang
  • Note:

    Khusus booking Pulau penyu, mohon dibaca dengan baik
    * Harga dibawah ini adalah harga per-boat bukan per-orang dan khusus untuk wisatawan domestik (WNI) atau Kitas Holder
    * 1 boat maksimal berisi 10 orang dan tidak dicampur sama orang lain (private)
    * Isi jumlah boat di kolom 'Quantity' dengan nomor atau angka saja.
  • Price: Rp 350.000
  • Rp 0

Butuh Bantuan?:

Tolong vote bintang 5 dong
oleh Tim Balipedia
Tim Balipedia siap memberikan support & layanan terbaik untuk tamu yang ingin membeli tiket wisata Bali seperti Bali Safari, Bali Zoo, Watersport Tanjung Benoa, Ayung rafting, Telaga waja rafting, lihat dolphin Lovina, dan lainnya. Balipedia.ID merupakan Agen Penjualan Tiket Wisata Bali dan Sewa Mobil di Bali. Telp. 0361-7996369 / WA. 081339633454 / Email: info@balipedia.co.id

Tinggalkan komentar