Bali Bird Park : Wisata Taman Burung Menarik dan Edukatif Bagi Keluarga

Pulau Dewata memang selalu menyajikan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Bali Bird Park. Taman Burung yang berlokasi di Desa Singapadu ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan yang berlibur ke Bali.

Khususnya bila Anda adalah pecinta burung, namun tempat wisata ini tidak hanya ramai dikunjungi oleh pecinta burung saja, banyak pula wisatawan yang datang bersama keluarga dan anaknya untuk melihat-lihat dan berinteraksi dengan aneka jenis burung yang terdapat di Bali Bird Park

Lokasi Bali Bird Park

Bali Bird Park memiliki koleksi burung yang cukup lengkap, termasuk di tempat ini juga menjadi penangkaran bagi jenis-jenis burung langka yang bernama “Bali Nursery”.

Bali Nursery merupakan tempat penangkaran dan pengembiakkan burung-burung langka. Tidak semua pengunjung diperbolehkan untuk memasuki tempat penangkaran tersebut.

Lokasi Tempat Wisata Bali Bird Park

Lokasi Bali Bird Park and Reptile Park terletak di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Ds. Batubulan, Kec. Sukawati, Gianyar – Bali. Silakan cek google mapsnya disini

Bali Bird Park dapat menjadi pilihan rekreasi yang menarik dan edukatif bagi keluarga. Lokasinya yang strategis juga tidak akan menyulitkan Anda untuk menuju ke Bali Bird Park.

Jaraknya hanya sekitar 13 kilometer dari kota Denpasar, dan 25 kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali.

Bali Bird Park

Selain itu, lokasinya juga berdekatan dengan beberapa tempat wisata, seperti Pantai Sanur, Ubud, Bali Zoo Park, Bali Safari Park, dan Kintamani.

Tempat wisata ini juga menyajikan pemandangan alam yang indah sehingga Anda tidak akan bosan saat berwisata ke sini.

Beranekaragam jenis burung bisa Anda jumpai di tempat ini, mulai dari jenis burung asli Indonesia hingga burung dari Afrika dan Amerika Selatan.

Bali Bird Park menempati lahan dengan luas area sekitar 2 hektar dan menampung sekitar seribu burung dari 250 jenis burung yang berbeda.

Tidak hanya aneka jenis burung saja, di sini para wisatawan juga dapat melihat-lihat berbagai jenis tanaman tropis. Ada sekitar 2000 jenis tanaman yang ada di tempat ini. Keberadaan tanaman-tanaman tersebut semakin menambah asri dan segar suasana.

Cara menuju ke Bali Bird Park dapat menggunakan berbagai moda transportasi, baik kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil maupun transportasi umum seperti taksi, bus, atau jasa rental mobil.

Mau sewa mobil untuk keperluan liburan di Bali? silakan cek disini

Namun, perjalanan menuju ke tempat wisata ini akan lebih mudah bila Anda menggunakan mobil pribadi, mobil rental, ataupun taksi.

Jika ingin menggunakan transportasi umum, Anda dapat naik bus umum ataupun angkutan lainnya dan menjadikan Desa Batu Bulan sebagai patokannya.

Deskripsi Bali Bird Park

Bali Bird Park adalah satu-satunya taman burung yang ada di Bali. Koleksinya cukup lengkap, tempatnya juga sangat rindang. Jalak Bali salah satu koleksi ditempat ini, merupakan jenis burung langka yang juga dikembangbiakkan. Setiap harinya, tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Wisata Bali Bird Park and Reptile Park tidak hanya menjadi tempat penangkaran bagi aneka jenis burung, tapi juga berbagai hewan lainnya seperti komodo, ular, kadal, iguana, dan masih banyak lagi.

Berwisata ke sini akan membuat Anda seolah berada di habitat asli dari aneka jenis burung yang ada di tempat ini.

Aktivitas lainnya yang bisa Anda nikmati adalah berfoto bersama burung, menyaksikan burung kakatua yang terbang hilir mudik, dan menonton penayangan teater 4 dimensi.

Koleksi Hewan yang Ada di Bali Bird Park Gianyar

Bali Bird Park dirancang dan ditata dengan baik, terdapat jalan setapak yang bisa dilalui pengunjung untuk berkeliling melihat-lihat koleksi unggas yang ada di sini.

Bali Bird Park

Beberapa koleksi unggas yang dapat Anda jumpai antara lain ayam hutam mas, merak biru, merak putih, pergam bodas, bayan, serta beberapa jenis macam seperti macaw buffon, macaw severa, macaw biru emas, macaw scarlet, macaw byacin, dan macaw sayang hijau.

Ada juga koleksi burung-burung langka seperti beo abu-abu, crimson wing parakeet, elang-ular bido, elang jawa, kasuari, dan junai emas.

Selanjutnya juga ada koleksi burung Jalak Bali yang keberadaannya mulai langka. Ada pula koleksi burung cendrawasih, jalak afrika, bondol, wydah ekor panjang, kasturi raja, perkici garis kuning, betet raja, betet jawa, julang, burung nuri, dan masih banyak lagi koleksi burung langka lainnya.

Peta Bali Bird Park

Pengunjung juga dapat memasuki sangkar burung raksasa dan berbaur dengan burung-burung yang ada di dalamnya. Tentunya akan menjadi pengalaman istimewa yang berkesan dalam perjalanan wisata Anda.

Bagi Anda pecinta reptil dapat juga mengunjungi Rimba Reptil yang masih berada di satu kawasan.

Ada beragam jenis hewan reptil bisa Anda temukan di tempat ini, mulai dari buaya, kadal, ular, kura-kura, komodo, hingga iguana. Beberapa reptil ada yang jinak dan bisa dimanfaatkan untuk berfoto bersama.

Harga Tiket Masuk Bali Bird Park

Wisata Bali Bird Park lebih bersifat edukasi dan cocok bagi anak-anak. Dengan mengunjungi bersama anak-anak, mereka akan lebih mengenal tentang dunia burung, mengajarkannya untuk menyayangi binatang, menanamkan kepedulian terhadap kelestarian alam, dan mengajak untuk turut menjaga populasi burung-burung langka agar tidak punah.

Bali Bird Park

Bagi wisatawan domestik yang tertarik untuk mengunjungi Bali Bird Park akan dikenai harga tiket masuk dengan rincian sebagai berikut:

  • Dewasa: Rp 150 ribu per orang.
  • Anak-anak (2-12 tahun): Rp 75 ribu per orang.
  • Di bawah 2 tahun: gratis.

Harga tiket masuk di atas berlaku untuk wisatawan domestik, sementara untuk wisatawan asing tentunya ada harga khusus yang sedikit lebih mahal. Pemesanan untuk rombongan (20 orang lebih) akan disediakan tour guide selama rombongan berada di area taman.

Jam operasional Bali Bird Park buka setiap hari mulai jam 09.00 sampai 17.30 WITA. Jam operasional tersebut berlaku untuk hari libur maupun hari biasa.

Jadwal Bali Bird Park

Jika Anda ingin berkunjung ke Bali Bird Park, pastikan sesuai dengan jadwal acara atau atraksi yang biasanya disuguhkan di tempat ini. Beberapa jadwal event yang diadakan di sini dapat Anda lihat melalui daftar berikut ini!

  • Reptilarium: mulai jam 09.00 sampai 17.30 WITA.
  • Cinema 4D: sepanjang hari di atas jam 10.00 WITA.
  • Guyu Guyu Corner (burung yang bertengger di tangan): sepanjang hari.
  • Bali Rainforest dan Free Flight Bird Show: mulai jam 10.30 sampai 16.00 WITA.
  • Basic Instinct dan Bird of Prey Show: mulai jam 11.30 sampai 15.00 WITA.
  • Meet The Bird Star dan Bali Starling Restaurant: mulai jam 12.00, 13.30, dan 16.30 WITA.
  • The Komodo Experience: setiap hari Selasa jam 11.00, dan Jumat jam 14.30 WITA.
  • Pelican Feeding: mulai jam 10.00 sampai 13.15 WITA.
  • Papua Rainforest Feeding: mulai jam 9.30 sampai 12.45 WITA.
  • Lory Feeding: sepanjang hari.

Fasilitas Wisata Bali Bird Park

Area wisata Bali Bird Park sudah dilengkapi dengan berbagai fasilias yang akan menunjang kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain area parkir kendaraan yang luas, kantin, cafe, restoran, toilet bersih, tempat istirahat, penginapan, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

Brosur Bali Bird Park

Bagi yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, ada baiknya dilihat dan dipelajari dulu brosur Bali Bird Park berikut..

Brosur Bali Bird Park
Brosur Bali Bird Park

Itulah sekilas ulasan dari kami mengenai obyek wisata Bali Bird Park. Semoga menambah referensi dan ketertarikan Anda untuk berwisata ke tempat ini.

Jika sudah pernah berkunjung ke tempat wisata ini, silakan berbagi pengalaman dengan cara tulis komentar dibawah ini…

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
oleh Tim Balipedia
Tim Balipedia siap memberikan support & layanan terbaik untuk tamu yang ingin membeli tiket wisata Bali seperti Bali Safari, Bali Zoo, Watersport Tanjung Benoa, Ayung rafting, Telaga waja rafting, lihat dolphin Lovina, dan lainnya. Balipedia.ID merupakan Agen Penjualan Tiket Wisata Bali dan Sewa Mobil di Bali. Telp. 0361-7996369 / WA. 081339633454 / Email: info@balipedia.co.id

4 pemikiran pada “Bali Bird Park : Wisata Taman Burung Menarik dan Edukatif Bagi Keluarga”

    • Hi kak Siska

      Maaf, kami Travel Agen..
      Coba dihubungi langsung Bali Bird Park nya di (0361) 299352

      Terima kasih

      Balas
  1. Artikel yang sangat menarik, kalo ada rejeki mau main ke bali lagi

    Balas

Tinggalkan komentar