Tanjung Benoa

Tanjung Benoa adalah nama sebuah desa di kabupaten Badung, Bali. Secara geografis, terletak di ujung tenggara kaki pulau Dewata. Lokasinya cukup unik karena berada di ujung sempit yang membuat ombak pantainya begitu landai atau malah tidak ada ombak. Nah karena kondisi ombaknya seperti inilah, kawasan Tanjung Benoa sangat terkenal dengan watersportnya.

Lokasi Tanjung Benoa

Lokasi Tanjung Benoa di lihat dari peta digital Google, ternyata sangat strategis. Mudah ditemukan lewat perjalanan darat. Jalan yang dilalui juga tidak terlalu sulit. Semua melalui jalan raya. Dibawah ini kami berikan contoh lokasi Bali Dolphin Watersport


Peta lokasi Tanjung Benoa, contohnya Bali Dolphin Watersport Adventure

Jika Anda ingin main watersport ke Bali Dolphin, maka jarak tempuhnya bisa diestimasi sebagai berikut:

  • Dari Airport Ngurah Rai ke Tanjung Benoa, jaraknya sekitar 17 km / 26 menit (lewat Tol Bali Mandara)
  • Dari Kuta ke Tanjung Benoa, sekitar 21 km / 31 menit (melalui tol juga)
  • Dari Seminyak menuju Benoa butuh waktu kurang lebih 45 menit / 22 km (jalur tol)
  • Dari Sanur ke Benoa sekitar 40 menit (lewat tol)
  • Dari Uluwatu, Ungasan, Jimbaran ke arah Tanjung Benoa perlu waktu tempuh sekitar 45 menit (tanpa lewat Tol Bali)

Perkiraan jarak lokasi Tanjung Benoa diatas, terjadi pada saat kondisi lalu lintas normal (bukan kondisi liburan peak season seperti lebaran & Tahun Baru)

Tentang Tanjung Benoa

Sebelum ke penjelasan jenis permainan, yuk ada baiknya kami info tentang Tanjung Benoa berikut ini:

  • Sejarah Tanjung Benoa
  • Wilayah
  • Penduduk
  • Objek wisata populer
  • Hotel

Sejarah Tanjung Benoa

Sejarah Tanjung Benoa secara singkat kami rangkum, itu tidak terlepas dari penduduk pertama yang mendiami wilayah ini. Sependek pengetahuan kami, ada 5 etnis penduduk pertama yang datang diantaranya Tionghoa, Bali (Klungkung), Bugis, Jawa dan Palue (Flores). Tentu saja ada jejak peninggalannya

Sekitar abad ke-16, etnis Tionghoa pertama kali datang ke kawasan pesisir pantai Tanjung Benoa dari perjalanan berlayar dan berdagang. Mereka mulai menetap disini dengan membangun pemukiman dan tempat ibadah berupa klenteng. Klenteng Caow Eng Bio adalah buktinya, dibangun di depan laut karena merupakan Konco yang memuja Dewa Laut. Hingga saat ini, sudah berumur lebih dari 400 tahun.

Abad ke-17, baru datang etnis Bali dari Klungkung. Kemudian menyebar di seluruh lingkungan yang ada di Tanjung Benoa. Lingkungan banjar yang paling banyak dihuni oleh etnis Bali ini adalah lingkungan banjar Purwa Santhi, Tengah, Kertha Pascima dan Anyar. Saat ini etnis Bali menjadi etnis yang memiliki jumlah paling banyak, sehingga menjadi etnis yang dominan.

Watersport Tanjung Benoa

Bagi para pencinta watersport Bali, jika liburan ke pulau Dewata tentunya tidak akan lupa menyelipkan nama “Watersport Tanjung Benoa” di itinerary – nya. Memang benar, permainan watersport Tanjung Benoa memang selalu memacu adrenalinmu, menguji nyalimu, tapi akan selalu membuat fun dengan suasana yang seru abis.

Ada 5 permainan watersport yang bisa memacu adrenalin serta menguji nyalimu yaitu jet ski, parasailing single, parasailing adventure, flying fish, water ski, wakeboard. Ada juga 2 permainan watersport yang bikin Anda fun dan seru yaitu banana boat dan rolling donut. Bagi pencinta wisata bahari bawah laut, yuk dicoba snorkeling, scuba diving, ataupun seawalker. Dan untuk wisata keluarga, ke Pulau penyu adalah tempat yang pas karena bisa menikmati tempat penangkaran penyu yang dilindungi oleh undang-undang.

Watersport Tanjung Benoa Bali
Foto Watersport Tanjung Benoa Bali

7 Hal Watersport Tanjung Benoa Bali

Walaupun Anda sudah pernah mencicipi permainannya, namun mungkin ada (hal) yang belum Anda tahu mengenai watersport Tanjung Benoa, yaitu:

  1. Watersport buka setiap hari dari jam 08.00 – 16.00 wita, kecuali tutup di hari raya Nyepi saja.
  2. Watersport sangat tergantung dari pasang-surut air laut. Walaupun buka jam 08.00 – 16.00 wita, namun jika misalnya air laut surut jam 14.00 wita, maka watersport “terpaksa” tutup karena aktifitasnya tidak bisa dimainkan. Tapi jika Anda sudah sampai di lokasi, tapi air sudah surut maka akan dibantu untuk di antar ke lokasi lain yang air lautnya belum surut.
  3. Semua aktifitas watersport didampingi oleh instruktur berpengalaman kecuali snorkeling.
  4. Khusus untuk Parasailing single, karena permainan ini sangat tergantung cuaca dan arah angin apabila tidak bisa dimainkan, maka akan dialihkan ke permainan lainnya dengan harga diselisihkan.
  5. Untuk permainan jet ski, mahir ataupun tidak mahir akan tetap didampingi 1 orang instruktur (boncengan)
  6. Harga tiket masuk Tanjung Benoa tidak sama dengan harga permainan watersport Tanjung Benoa.
  7. Untuk aktifitas glass bottom boat + pulau penyu Bali, harga yang tercantum adalah harga sewa glass bottom boat saja untuk menuju ke Pulau Penyu. Harga tersebut belum termasuk Tiket masuk Pulau Penyu Bali.

Sejarah Watersport Tanjung Benoa

Sejarah Watersport Tanjung Benoa dimulai pada awal 80-an, ketika di kawasan BTDC dibangun 14 hotel, masyarakat dan para perencana kawasan Tanjung Benoa penuh diliputi tanda tanya. “Desa Tanjung Benoa yang terletak di sebelah utara BTDC akan diapakan?” Berangkat dari tanda tanya ini, muncullah berbagai usulan, terutama untuk memanfaatkan wilayah ini sebagai penyangga BTDC. Sebagai daerah penyangga, pada awalnya Tanjung Benoa dinilai hanya cocok dibangun perumahan untuk menampung ribuan karyawan hotel yang bekerja di kawasan BTDC. Selain itu, pesisir kawasan Tanjung Benoa juga direncanakan sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas wisata tirta.

Waktu terus berpacu, hingga dua puluh tahun kemudian, kawasan ini berkembang pesat. Tanah yang telah dikuasai investor kemudian dibangun hotel-hotel yang justru menjadi saingan BTDC. Di sini bisa anda jumpai beberapa hotel dari kelas melati, bintang satu hingga bintang empat. Sementara atraksi wisata tirta berkembang amat pesat sejak dibangunnya BMR tahun 1985 oleh Ir. I Ketut Widia. [baca selengkapnya disini]

Harga Watersport Tanjung Benoa Bali

Mengenai harga watersport Tanjung Benoa, mimin Balipedia mencantumkan 2 harga yaitu harga online dan harga publish. Harga online adalah harga diskon yaitu harga yang berlaku jika booking secara online melalui website ini. Sedangkan harga publish adalah harga yang berlaku di lokasi jika tanpa booking online terlebih dahulu. So, harga online jauh lebih murah dibanding harga publish di lokasi.

AktifitasHarga Online
Seawalker350.000
Banana boat70.000
Parasailing80.000
Jetski150.000
Rolling donut80.000
Flying fish150.000
Wakeboard250.000
Waterski250.000
Snorkeling150.000
Scuba diving300.000
Sewa kamera air450.000/unit
GBB + Pulau Penyu350.000/boat
Flyboard550.000
Parasailing Adventure350.000

PENTING!

  • Harga Online (internet) ini TIDAK berlaku apabila pemesanan langsung di lokasi. Harga ini HANYA bisa didapat dengan membeli voucher melalui website ini .

Catatan:
  • Harga diatas adalah harga per-orang
  • Harga hanya berlaku untuk WNI. Untuk harga WNA (asing), silakan hubungi kami.
  • Harga watersport Tanjung Benoa berlaku sekarang (hari ini) sampai Maret 2021 (call us)
  • Harga sudah termasuk pajak, peralatan dan asuransi
  • Gratis antar-jemput untuk area Kuta, Legian, Jimbaran, Nusa Dua, dan Tanjung Benoa jika booking minimal totalnya Rp600 ribu
  • Untuk permainan Parasailing single (dalam paket) apabila tidak bisa dimainkan karena angin atau cuaca, akan diganti dengan permainan lain, harga diselisihkan. NO REFUNDABLE

Booking Watersport Tanjung Benoa Bali

Untuk booking permainan di Tanjung Benoa, caranya sangat mudah. Cukup isi FORM Pemesanan dibawah ini

  • Note:

    Sebelum isi form dibawah ini, mohon dibaca dengan baik
    * Harga dibawah ini adalah harga per-orang dan khusus untuk wisatawan domestik (WNI) atau Kitas Holder
    * Harga Anak = Harga Dewasa
    * Usia untuk bisa ikut watersport 7 - 65 th, kecuali snorkeling, scuba diving, seawalker, flyboard, waterski, wakeboard minimal usia 12 th
    * Isi jumlah orang di kolom 'Quantity' dengan nomor atau angka saja
  • Pilih Permainan Watersport

  • Price: Rp 70.000
    Banana boat minimal booking: 2 orang
  • Price: Rp 80.000
    Parasailing minimal booking: 1 orang
  • Price: Rp 150.000
    Jetski minimal booking: 1 orang
  • Price: Rp 150.000
    Flying fish minimal booking: 2 orang
  • Price: Rp 80.000
    Rolling donut minimal booking: 2 orang
  • Price: Rp 550.000
    Flyboard minimal booking: 1 orang
  • Price: Rp 350.000
    Parasailing Adventure minimal booking: 1 orang
  • Price: Rp 350.000
    Seawalker minimal booking: 1 orang
  • Price: Rp 300.000
    Scuba diving minimal booking: 1 orang
  • Price: Rp 150.000
    Snorkeling minimal booking: 2 orang
  • Price: Rp 250.000
    Wakeboard minimal booking: 1 orang
  • Price: Rp 250.000
    Waterski minimal booking: 1 orang
  • Note:

    Khusus booking Pulau penyu, mohon dibaca dengan baik
    * Harga dibawah ini adalah harga per-boat bukan per-orang dan khusus untuk wisatawan domestik (WNI) atau Kitas Holder
    * 1 boat maksimal berisi 10 orang dan tidak dicampur sama orang lain (private)
    * Isi jumlah boat di kolom 'Quantity' dengan nomor atau angka saja.
  • Price: Rp 350.000
  • Rp 0
Tolong vote bintang 5 dong
oleh Tim Balipedia
Tim Balipedia siap memberikan support & layanan terbaik untuk tamu yang ingin membeli tiket wisata Bali seperti Bali Safari, Bali Zoo, Watersport Tanjung Benoa, Ayung rafting, Telaga waja rafting, lihat dolphin Lovina, dan lainnya. Balipedia.ID merupakan Agen Penjualan Tiket Wisata Bali dan Sewa Mobil di Bali. Telp. 0361-7996369 / WA. 081339633454 / Email: info@balipedia.co.id

Tinggalkan komentar