Jalan Tol Bali Mandara – Tol Pertama dan 5 Fakta Uniknya

Jalan Tol Bali Mandara adalah nama jalan tol pertama yang ada di Bali atau malah sebagai jalan Tol terapung pertama di Indonesia. Membentang sepanjang 12,7 km diatas laut, jalan tol ini terbilang unik dibanding jalan tol yang ada di Indonesia karena satu-satunya tol yang ada jalur sepeda motornya di ruas sisi kiri dan kanan. Panjang jalan tol di Bali ini hampir sama dengan Penang Bridge di Malaysia yang panjangnya mencapai 13,5 km, atau Union Bridge sepanjang 12,9 km di Kanada.

Jalan Tol Bali Mandara menghubungkan antara Benoa, Ngurah Rai Tuban, dan Nusa Dua. Berikut adalah penampakan jalan Tol terapungnya…

Jalan Tol Bali Mandara
Foto: Jalan Tol Bali Mandara

Berapa Tarifnya?

GolonganTarif TolJenis Kendaraan
I11.500sedan, jip, pick up, truk kecil dan bus
II17.500truk dengan dua gandar
III23.500Truk dengan tiga gandar
IV29.000truk dengan empat gandar
V35.000truk dengan lima gandar
VI4.500Motor roda dua

 

Ada 5 fakta unik mengenai Jalan Tol Bali Mandara diantaranya:

Fakta 1 —> 100% buatan Indonesia

Kenapa? Karena Konstruksi jalan tol ini dibuat oleh konsorsium BUMN dan BUMD Bali. Tak hanya itu, jalan tol sepanjang 12,7 km dan menghabiskan dana 2,4 trilyun ini juga dibiayai oleh sindikasi bank BUMN dan Jasa Marga, tidak melibatkan APBN sama sekali. Juga, material dan teknologi seluruhnya merupakan karya anak bangsa. Mantap bukan…

Fakta 2 —> Pembuatannya sangat singkat

Jalan tol ini mulai dikonstruksi sekitar bulan Maret 2012 dan selesai sekitar bulan Mei 2013. Terhitung cepat untuk pengerjaan tol di atas laut tersebut. Tak banyak lahan yang harus dibebaskan karena sebagian besar tol ini menggantung di atas laut. Hanya saja, ada beberapa lahan mangrove yang tergerus pada masa konstruksi, meski demikian sebanyak 16.000 pohon mangrove kembali ditanam setelah konstruksi selesai.

Fakta 3 —> Ternyata sebelumnya bukan bernama Bali Mandara

Awalnya, jalan tol ini dikenal dengan tol atas laut Bali. Orang pun ada yang menyebutnya jalan tol Nusa Dua-Nugrah Rai-Benoa karena menghubungkan ketiga daerah tersebut. Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengusukan 2 nama untuk tol tersebut ke Presiden SBY. Dua nama itu adalah Soekarno Hatta dan Bali Mandara.

Fakta 4 —> Ada jalur sepeda motornya

Ini merupakan jalan di atas laut pertama yang memiliki jalur khusus motor. Motor disediakan jalur khusus sebelah kiri – kanan bahu jalan dan dikenakan tarif Rp 4.000 sekali masuk. Kecepatan motor yang melaju di tol ini ditetapkan 25 km/jam – 40 km/jam.

Fakta 5 —> Dipasang CCTV dan alat pemantau angin selama 24 jam

Karena dibangun di atas perairan, tol ini riskan terhadap besarnya kecepatan angin. Oleh karena itu, dipasanglah alat pengukur kecepatan angin di setiap gerbang tol (Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa). Jika kecepatan angin mencapai 40 km atau lebih, jalan tol ditutup sementara untuk menghindari resiko kecelakaan. Tak hanya itu, CCTV 24 jam siap memantau pergerakan kendaraan jika sewaktu-waktu ada kendaraan yang mogok. Jasa Marga pun menyediakan derek gratis.

[wp_ad_camp_1]
Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
oleh Tim Balipedia
Tim Balipedia siap memberikan support & layanan terbaik untuk tamu yang ingin membeli tiket wisata Bali seperti Bali Safari, Bali Zoo, Watersport Tanjung Benoa, Ayung rafting, Telaga waja rafting, lihat dolphin Lovina, dan lainnya. Balipedia.ID merupakan Agen Penjualan Tiket Wisata Bali dan Sewa Mobil di Bali. Telp. 0361-7996369 / WA. 081339633454 / Email: info@balipedia.co.id

23 pemikiran pada “Jalan Tol Bali Mandara – Tol Pertama dan 5 Fakta Uniknya”

  1. Jalan tol ini di resmikan oleh bapak SBY pada tanggal 23 bulan SEPTEMBER tahun 2013
    Klo gak salah
    Karna menurut saya bukan jokowi yang membuat

    Balas
  2. Saran untuk pengelola toll Bali Mandara..arti dan maksud “Jalan Toll”itu kan Jalan Bebas Hambatan..kok malah dibuat untuk isi ulang saldo E-Toll..kan malah bikin tambah MACET.
    Tolong di Artikan arti Jalan Toll itu.
    Trims

    Balas
    • Toll arti nya Berbayar. Bukan Bebas Hambatan. Kita Salah Kaprah mengartikan Toll sbg Bebas Hambatan karena kita sering terhambat oleh kemacetan saat tidak memakai Toll.

      Balas
  3. Kayaknya tol yg ada jalur sepeda motornya, suramadu juga ada gan, wkwkwk

    Balas
    • setau saya suramadu itu bukan jalan tol tapi jembatan penghubung..IMHO

      Balas
      • Tapi itu dinamakan Jembatan Tol Suramadu Mas.
        Trus pertanyaan saya kenapa Tol Mandara ini kok gak dinamakan jembatan ya Mas?

        Balas
      • Kenyataannya, Suramadu dinamakan Tol kok, dan ada golongan VI nya

        Balas

Tinggalkan komentar