Deretan Pantai yang Pas untuk Memancing di Bali, Cocok Dijadikan Objek Uji Kesabaran saat Liburan

Memancing tidak hanya bisa dilakukan di kolam pemancingan saja, tetapi di pantai juga bisa. Nah, aksi memancing di pantai ini bisa Anda lakukan saat Anda berada di Bali. Sekedar informasi saja, Bali ini selain sering dijadikan destinasi wisata oleh banyak wisatawan yang ingin memanfaatkan waktu liburannya, para pemancing juga sering menjadikannya sebagai objek untuk melakukan hobinya.

Hal ini tidak lain karena kondisi terumbu karang yang ada di sana masih bagus, sehingga banyak ikan yang hidup di sana. Tertarik untuk mencoba? Jika iya, berikut nama-nama pantai yang bisa Anda datangi saat ini juga, antara lain.


Spot Pemancingan Pantai di Bali

Pantai Tianyar

Pernahkah Anda mendengar nama Pantai Tianyar? Pantai ini berada di Kabupaten Karangasem dan berjarak hanya sekitar 3 jam saja dari Denpasar. Teknik memancing yang bisa Anda terapkan di pantai ini adalah trolling dengan menggunakan umpan yang berupa ikan kecil.

Dari ikan kecil ini nanti bisa berubah menjadi ikan lemadang yang ukurannya sekitar 200 cm. Mengapa demikian? Karena Pantai Tianyar adalah salah satu tempat hidup bagi para ikan lemadang, sehingga Anda bisa menangkapnya dengan mudah di sini.

Pantai Serangan

Selanjutnya ada Pantai Serangan. Pantai ini pernah diliput oleh program televisi Mancing Mania yang sekaligus menjadi bukti bahwa Pantai Serangan tidak hanya bagus untuk menyegarkan mata saja, tetapi juga bagus untuk dijadikan objek memancing juga.

Anda bahkan bisa memancing baik di tengah laut ataupun di pinggiran pantainya. Kalau Anda berminat untuk memancing di tengah laut, di sini sudah ada sejumlah perahu yang siap untuk mengantarkan Anda ke sana. Nah, kalau mengenai ikan yang bisa ditangkap di sini, jenisnya adalah ikan cakalang, ikan kembung dan lain-lain.

Pantai Tanjung Benoa

Siapa yang tidak kagum dengan keindahan Pantai Tanjung Benoa? Rasanya tidak ada ya. Selain banyak didatangi oleh wisatawan, Pantai Tanjung Benoa ini juga sering didatangi oleh orang-orang yang ingin memancing ikan. Bisa diperhatikan aktifitas nelayan di sini cukup sepi, sehingga siapapun yang bermaksud untuk memancing bisa melakukannya dengan lebih leluasa.

Pantai Tanjung Benoa ini adalah salah satu pantai yang cocok untuk dilakukan surf fishing. Di pantai ini, Anda bisa menangkap aneka ikan yang unik seperti ikan kerapu, ikan barakuda dan ikan layur.

Nusa Penida

Meskipun Anda harus melakukan penyeberangan terlebih dahulu agar bisa mencapai Nusa Penida, namun untuk urusan ikan, di sini Anda bisa menangkap ikan yang ukurannya besar dengan bobot antara 10 kg hingga 30 kg.

Di pulau ini ada banyak titik pemancingan yang bisa Anda tuju mulai dari pinggir tebing karang, pinggir pantai hingga tengah laut, diantaranya adalah di Batu Kaite, Batu Bolong, Batu Sepatu dan Batu Abah. Semua titik pemancingan itu akan memberikan Anda sensasi memancing yang tidak biasa.

Pantai Tegal Wangi

Lebih lanjut lagi ada Pantai Tegal Wangi di Jimbaran. Walaupun lokasinya cukup terpencil, namun pantai ini bisa memberikan Anda sensasi memancing yang menyenangkan juga. Pantai ini cocok untuk dilakukannya teknik rock fishing, yakni memancing ikan dari atas batu karang.

Pantai Kedonganang

Pantai lain di daerah Jimbaran yang juga bagus untuk kegiatan memancing ialah Pantai Kedonganang. Bisa dikatakan pantai ini adalah pantainya para nelayan, sehingga jangan heran ketika nanti Anda sampai di sana, Anda akan melihat banyaknya jukung yang berjejer di pinggir pantai.

Di pantai ini terdapat sebuah dermaga yang anjungannya mencapai tengah laut. Dermaga inilah yang biasanya dipakai oleh para pemancing untuk melemparkan umpannya ke laut. Kalaupun Anda lebih suka memancing agak ke tengah lagi, Anda bisa kok menyewa perahu milik nelayan yang ada di sana.

Teknik yang bisa Anda pakai untuk memancing di pantai ini ada dua, yakni surf fishing atau land base mengingat kondisi perairannya yang cukup tenang. Ada banyak jenis ikan yang bisa Anda tangkap di Pantai Kedonganang ini diantaranya adalah ikan baronang, ikan kerapu dan ikan tenggiri.

Bukan hanya mempunyai ikan saja, Pantai Kedonganang juga bisa dikatakan sebagai surganya para pecinta seafood di Bali. Selain itu, ada juga pasar yang menjadi tempat dijualnya ikan-ikan tangkapan para nelayan.

Pantai Soka Indah

Yang selanjutnya ada Pantai Soka Indah. Pantai ini disebut-sebut sebagai spot memancing yang paling baik di Bali. Di barat Pantai Soka Indah ini ada batu karang yang posisinya menjorok ke laut dan menyerupai kanal sehingga air laut pun mengalir di tengah-tengahnya.

Bagian inilah yang banyak direkomendasikan oleh para pemancing. Anda bahkan tidak perlu menuju ke tengah laut untuk melakukannya. Cukup lakukan dari pinggiran saja. Utamanya pada saat musim angin barat. Saat musim angin barat seperti ini banyak nelayan yang tidak melaut karena pada waktu ini ombaknya akan sangat besar.

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
oleh Luh Suarning
Luh Suarning, admin sekaligus penulis di web Balipedia.iD - Agen resmi penjualan tiket wisata di Bali. Perempuan asli Bali, cantik, dan supel.

Tinggalkan komentar