Sungai Telaga Waja

Jika Anda mencari tempat wisata yang menawarkan petualangan dan keindahan alam di Bali, Anda mungkin tertarik untuk mengunjungi Sungai Telaga Waja. Iya, sungai ini terletak di timur Bali, di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Memiliki debit air yang besar dan jernih, karena berasal dari beberapa sumber mata air alam.

Sungai Telaga Waja adalah salah satu warisan alam dan budaya yang patut dibanggakan oleh masyarakat Bali. Sungai ini tidak hanya menyediakan sumber daya alam yang penting bagi kehidupan masyarakat, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pengembangan pariwisata yang berkelanjutan. Dengan menjaga kelestarian dan keaslian sungai ini, kita dapat menikmati keindahan dan kekayaan sungai ini untuk generasi mendatang.

Sungai Telaga Waja

Geografi & Sumber Air

Perlu diketahui bahwa, sungai Telaga Waja merupakan salah satu sungai terbesar dan terindah di Bali, Indonesia. Sungai ini memiliki panjang sekitar 60 km dan debit air rata-rata 50 m3/detik. Sungai ini bermata air di lereng Gunung Abang, gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung, yang dianggap suci oleh umat Hindu. Airnya yang jernih dan sejuk mengalir dari timur ke selatan pulau Bali, melewati kota-kota dan lereng bertumbuhan liar di sepanjang wilayah Desa Rendang, hingga bermuara ke laut di Kabupaten Klungkung.

Sungai Telaga Waja memiliki banyak sumber mata air alam yang menjadikannya kaya akan air sepanjang tahun. Beberapa mata air terkenal adalah Lipang, Arca, dan Telaga Waja itu sendiri. Selain itu, ada juga sungai-sungai kecil yang bermuara ke Telaga Waja, seperti Yeh Sah, yang juga bersumber dari mata air alam. Air sungai ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk keperluan sehari-hari, pertanian, dan irigasi. Pemerintah daerah juga mengelola sebagian air sungai ini untuk air minum melalui perusahaan PDAM.

Rafting di Sungai Telaga Waja

Bagi pencinta Watersport Bali, aktivitas rafting atau arung jeram bisa Anda lakukan di Sungai Telaga Waja. Rafting adalah olahraga air yang melibatkan penggunaan perahu karet untuk mengarungi sungai yang berarus deras. Akan memberikan Anda sensasi petualangan yang seru dan menantang, sekaligus menikmati pemandangan alam yang indah dan asri.

Telaga Waja Rafting

Rafting di Telaga Waja Bali cocok untuk Anda yang suka tantangan dan adrenalin. Anda akan menghadapi berbagai rintangan, seperti jeram-jeram, batu-batu, dan tebing-tebing. Anda juga akan melewati beberapa tempat menarik, seperti jembatan bambu, pura, dan air terjun. Aktifitas ini membutuhkan keterampilan dan kerjasama tim yang baik, sehingga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan mempererat hubungan Anda dengan teman atau keluarga.

BACA Juga:  Super Lezat, Ini Kuliner Bali Yang Paling Disukai Turis Asing

Berikut adalah beberapa keunggulan sungai Telaga Waja yang bisa Anda nikmati saat melakukan rafting di Bali:

  • Memiliki rute rafting terpanjang di Bali, yaitu 16 kilometer, yang menawarkan sensasi dan tantangan yang beragam.
  • Memiliki jumlah anak tangga yang sedikit, yaitu sekitar 15 anak tangga, sehingga Anda tidak perlu capek naik turun tangga untuk mencapai titik start atau finish. Jadi sangat jauh berbeda dengan Ayung rafting.
  • Sungai ini cocok untuk aktivitas wisata keluarga, karena jeramnya yang menantang tetapi aman, dan pemandangan alamnya yang indah dan alami.
  • Sungai ini jauh dari polusi udara, karena lokasinya yang berada di kawasan pedesaan, dekat dengan Gunung Agung dan Pura Besakih yang disucikan oleh umat Hindu.
  • Menawarkan keindahan alam pedesaan yang masih asri dan hijau, seperti hamparan sawah, tebing batu, air terjun, dan area pepohonan lebat.
  • Menjamin keamanan dan keselamatan peserta rafting, dengan menyediakan peralatan yang berkualitas, instruktur yang berpengalaman, dan asuransi.

Rafting di Sungai Telaga Waja biasanya berlangsung selama 2-3 jam, dengan jarak tempuh sekitar 16 km dan memiliki grade 3-4. Anda juga tidak perlu khawatir tentang keamanan dan perlengkapan, karena ada banyak penyedia jasa rafting yang profesional dan berpengalaman di sini. Mereka akan memberikan Anda peralatan standar, seperti helm, rompi pelampung, dayung, dan perahu karet. Mereka juga akan memberikan Anda instruktur yang akan membimbing dan mengawasi Anda selama rafting.

Telaga Waja rafting bisa menjadi pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi Anda yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda dan menyegarkan di Bali. Bisa merasakan sensasi berpetualang di sungai yang berarus deras, sekaligus menikmati keindahan alam yang masih alami dan hijau. Arung jeram disini bisa menjadi pilihan wisata yang cocok untuk semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa, baik pemula maupun profesional dengan batas usia 7-65 tahun.

Cek: Harga rafting telaga waja

DAM Telaga waja rafting

Objek Wisata dekat Sungai Telaga Waja

Selain air terjun dan rafting, ada juga beberapa objek wisata lain yang dekat dengan sungai Telaga Waja, seperti Pura Besakih, yang merupakan pura terbesar dan tersuci di Bali, Sidemen Jewelry Class, yang merupakan tempat belajar membuat perhiasan tradisional Bali dari perak, bukti jambul, Taman Jinja, Pondok Edelweiss dan Putung. Atau agak jauhan, bisa berkunjung ke Bali Safari Park.. 😀

Anda bisa mengunjungi objek-objek wisata ini sebelum atau sesudah rafting di sungai Telaga Waja, untuk melengkapi pengalaman wisata Anda di Bali Timur. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan Anda disini dan rasakan sendiri keseruan rafting!

BACA Juga:  Lokasi-lokasi Wisata di Bali Ini Cocok Banget untuk Jomblo

Tanggapan Anda tentang info ini?

Silakan beri nilai!

Nilai rata-rata 4.8 / 5. Vote count: 589

Jadilah orang pertama beri nilai

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Photo of author

Tim Balipedia

Tim Balipedia siap memberikan support & layanan terbaik untuk tamu yang ingin membeli tiket wisata Bali seperti Bali Safari, Bali Zoo, Watersport Tanjung Benoa, Ayung rafting, Telaga waja rafting, lihat dolphin Lovina, Trans Studio Bali, dan lainnya. Balipedia.ID merupakan Agen Penjualan Tiket Wisata Bali dan Sewa Mobil, supported by PutraMa Bali Holiday. Book via WA: 081339-633454

Mau booking? WA : 081339-633454

Satu pemikiran pada “Sungai Telaga Waja”

  1. Please note that the Telaga Waja river is one of the largest and most beautiful rivers in Bali, Indonesia. This river has a length of around 60 km and an average water discharge of 50 m3/second. The clear and cool water flows from the east to the south of the island of Bali, passing through towns and slopes of wild vegetation along the Rendang Village area, until it empties into the sea at Klungkung Regency. Apart from that, there are also small rivers that flow into Telaga Waja, such as Yeh Sah, which also originates from natural springs. The regional government also manages some of this river water for drinking water through the PDAM company.

    Balas

Tinggalkan komentar