9 Cara Pintar Memilih Koper Traveling untuk Liburan ke Bali

Ke mana pun Anda bepergian, tentunya harus membawa barang bawaan. Kalau Anda traveling ke Bali untuk waktu lebih lama, akan lebih baik menggunakan koper untuk mewadahi barang bawaan Anda. Koper yang tepat akan memudahkan Anda membawa barang. Namun, kalau keliru memilih jenis koper, bisa jadi Anda yang susah sendiri.

Coba perhatikan tips berikut jika Anda ingin membeli koper atau memilih koper di rumah untuk dibawa liburan ke Bali.

Tujuan Penggunaan Koper

Memastikan Tujuan Menggunakan Koper

Ada berbagai macam koper yang tersedia di pasaran. Kadang, kita lebih mudah tergoda dengan model koper yang keren. Padahal, yang penting adalah tujuan kita menggunakannya. Koper yang terlalu kecil susah memuat banyak barang, sementara jika kopernya kebesaran Anda malah membawa segala macam benda yang tidak perlu.

Karena itu, coba pertimbangkan lagi jenis perjalanan yang paling sering dilakukan. Apakah Anda sering bepergian untuk rekreasi atau bisnis, lalu berapa lama biasanya Anda pergi. Kalau perginya beberapa hari sampai seminggu lebih, pilih koper yang lebih besar. Namun jika hanya 1-2 hari saja, cukup bawa koper berukuran sedang atau kecil.

Beli dari Produsen yang Memberikan Layanan Bagus

Banyak orang yang tidak mempertimbangkan layanan pelanggan ketika membeli koper. Padahal, pelayanan tersebut sangatlah penting. Ada baiknya Anda pertimbangkan untuk memilih merek koper yang sudah lama atau cukup terkenal.

Biasanya, jika pelayanan yang diberikan berkualitas, maka Anda dapat menghubungi produsen koper jika ada keluhan tentang produk yang telah dibeli. Paling tidak, Anda bisa mengajukan pertanyaan dan mereka siap menjawabnya.

Membaca Ulasan Atau Testimoni Pembeli

Saat akan membeli koper, akan lebih baik jika Anda membaca lebih dulu tentang ulasannya. Mulai dari spesifikasi koper tersebut hingga testimoni dari konsumen yang sudah pernah membelinya. Dengan begitu, Anda jadi mengerti pendapat orang lain tentang produk tersebut.

Akan tetapi, Anda juga harus pandai-pandai memilah testimoni dari para konsumen tersebut. Sebab, tidak semua ulasannya positif dan bisa membantu Anda. Jadi, yang penting Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda saja.

Memperhatikan Bodi Koper

Berat Koper

Memang penting memakai koper yang kokoh, namun tidak perlu yang terlalu berat. Apalagi kalau bepergian, Anda harus membawa banyak barang di dalam koper. Belum lagi kalau di bandara ada batasan untuk berat koper yang dibawa. Pilih koper yang tidak terlalu berat, serta memiliki pegangan dan roda yang kokoh agar mudah dibawa.

Ukuran Koper

Ada baiknya, selain koper, Anda juga membawa tas kecil agar nyaman dibawa ke mana-mana, dan tidak masuk bagasi pesawat. Namun, yang penting adalah cara Anda memilih dan mengemas barang di dalam koper. Jika Anda pandai menatanya dengan rapi dan muat semua, maka lebih mudah untuk berkemas di lain kesempatan.

Bahan Koper

Biasanya, ada dua jenis bahan koper, yaitu bahan lunak dan keras untuk cover-nya. Bahan lunak untuk koper biasanya menggunakan kulit, karena ringan dan awet. Sementara, bahan keras umumnya memakai nilon balistik, kokoh dan tidak mudah robek, namun kekurangannya terletak pada desain yang tidak sekeren koper kulit.

Aksesori dan Detail Koper

Perhatikan Jahitan Koper

Memeriksa jahitan koper adalah cara sederhana untuk mengetahui kualitasnya. Semakin banyak jahitan maka makin baik pula desain koper tersebut. Jahitan koper yang baik itu biasanya bermodel ganda, terlihat seragam, rapi, dan bersih. Perhatikan juga paku perekatnya harus rapat dan tidak kendor, agar jahitannya tidak mudah lepas.

Periksa Ritsleting Koper

Ritsleting juga tidak kalah penting untuk diperhatikan jika Anda hendak memilih koper. Periksa apakah ritsletingnya tepat letaknya, serta mudah untuk ditutup dan dibuka. Ritsleting tersebut juga harus berkualitas, tidak memiliki celah atau lubang. Kalaupun koper Anda memiliki kunci dan klem, pastikan klemnya mudah terbuka dan tertutup.

Tips Saat Membeli Koper Baru

Menyesuaikan Harga Koper dengan Bujet

Harga merupakan faktor terakhir yang harus diperhatikan saat Anda memilih koper yang berkualitas. Jadi, sebaiknya saat pertama kali memilih koper, Anda tidak langsung melihat harganya lebih dulu. Hal yang penting Anda ingat adalah sampai kapan Anda akan memakainya, seberapa sering menggunakannya, dan model kopernya.

Jika misalnya, Anda memilih koper yang sangat disukai, lalu Anda akan memakainya dalam jangka waktu yang lama sekali bahkan sampai puluhan tahun, dan memang bahan kopernya awet, maka beli yang mahal sekalian tidak masalah. Terutama, jika Anda memang punya bujet lebih.

Harga Cerminan Kualitas Koper

Seringkali, harga memang mencerminkan kualitas koper. Itu sebabnya, hal tersebut penting untuk diperhatikan. Carilah koper berkualitas jika Anda ingin bergaya fashionable sekaligus membawa barang banyak saat liburan ke Bali. Jadi, seperti yang disebutkan tadi, beli yang mahal sekalian namun kualitasnya bagus dan juga awet.

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
oleh Luh Suarning
Luh Suarning, admin sekaligus penulis di web Balipedia.iD - Agen resmi penjualan tiket wisata di Bali. Perempuan asli Bali, cantik, dan supel.

Tinggalkan komentar