Perhatikan 8 Hal Penting Saat Surfing di Pantai Bali

Banyak orang, termasuk surfer yang sudah berpengalaman, kadang masih lupa akan beberapa hal ketika surfing. Pada dasarnya, surfing atau selancar juga memiliki peraturan serta etika. Sebenarnya surfing sendiri cukup sederhana, asalkan Anda dapat menerapkan hal-hal berikut sebagai panduan untuk surfing.

Kondisi Medan Serta Perlengkapan Surfing

Mempelajari Ombak Lautnya

Sebelum mulai berselancar, hal ini penting untuk Anda ketahui. Sebab, surfing merupakan salah satu olahraga paling sulit di dunia. Banyak elemen selain ombak yang turut mempengaruhi surfing, seperti angin dan pasang surut laut, di mana hal-hal tersebut dapat berubah setiap harinya.

Mempelajari ombak merupakan proses yang menantang sekaligus menyenangkan. Setelah Anda berhasil “menaiki” ombak untuk berselancar pertama kali, maka seterusnya akan mudah bagi Anda. Mengenali ombak di tempat Anda surfing membantu Anda mengendalikan papan selancar dan teknik selancar yang tepat.

Pentingnya Papan Surfing

Dalam olahraga apapun, peralatan yang tepat akan membantu Anda untuk melakukannya dengan baik. Namun, surfing berbeda karena tergantung pada jumlah ombak untuk Anda selancari. Maka dari itu, memilih papan surfing yang tepat dapat sangat mempengaruhi pengalaman berselancar Anda.

Yang penting bukan modelnya, melainkan volume atau besarnya papan. Volume menentukan kemampuan papan surfing untuk mengambang. Biasanya, saat Anda sudah mulai mahir surfing, Anda akan mencoba jenis volume papan lainnya, seperti longboard atau foam board, papan yang lebar, tebal, panjang, dan memiliki flat locker.

Mempersiapkan Hal-Hal Teknis Surfing

Memilih Surf Spot yang Tepat

Hal yang satu ini sangat penting, untuk menentukan apakah kegiatan surfing Anda akan berlangsung dengan baik atau sebaliknya. Mungkin surfer yang berpengalaman akan menyarankan pemula untuk surfing di dekat pantai, karena lebih aman jika Anda terjatuh saat surfing.

Sebab, di dekat pantai medannya cenderung berpasir, sementara di laut yang lebih dalam biasanya banyak terdapat karang yang bisa membahayakan ketika Anda terjatuh. Namun, hal tersebut tidak bisa menjadi patokan. Sebab, kenyataannya bagi pemula, terkadang lebih baik belajar surfing di medan yang berbatu karang.

Jadi, semuanya tidak tentu. Jika Anda ingin tahu apakah spot tersebut cocok untuk kemampuan surfing Anda, cari tahu juga info tentang kondisi ombak atau gelombang sehari-harinya di sana. Anda bisa browsing di internet atau bertanya tentang tempat tersebut kepada surfer yang sudah pernah ke sana.

Meminta Seseorang untuk Mengajari Teknik Dasar Surfing

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa surfing merupakan salah satu olahraga yang paling sulit di dunia, dan tekniknya pun sulit. Sebenarnya, yang paling sulit ketika belajar sendiri adalah mengubah cara surfing yang salah, yang selama ini biasa kita lakukan.

Hal tersebut juga disampaikan oleh para surfer atau peselancar yang sudah berpengalaman, serta mendedikasikan hidupnya untuk surfing. Jadi, kekeliruan yang sering dilakukan pemula adalah masih menerapkan cara surfing yang salah dan sulit untuk mengubahnya.

Oleh karena itu, mintalah teman atau pelatih surfing yang berpengalaman untuk menunjukkan teknik-teknik dasar yang tepat kepada Anda. Setidaknya, Anda akan sangat memerlukan bantuan mereka di hari-hari atau minggu-minggu pertama surfing.

Belajar Lebih Lanjut Tentang Etika Surfing

Pentingnya Etika Surfing

Tidak hanya belajar tentang cara surfing saja. Namun, ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan dalam surfing atau berselancar. Hal tersebut mulai dari tidak surfing di spot milik surfer lain, hingga tidak membuang papan surfing Anda.

Ada tiga etika surfing paling penting yang dapat Anda terapkan. Pertama, tidak surfing di spot milik surfer lain, kedua, memilih spot surfing paling tepat untuk Anda, ketiga, menghormati warga lokal di tempat Anda surfing.

Tidak Surfing di Area Surfer Lain

Hal ini merupakan pelanggaran utama dalam etika surfing. Masih banyak surfer pemula yang melakukannya. Sebab, jika Anda melakukannya berarti Anda “mencuri” spot ombak surfer lain. Padahal, tiap spot ombak surfing hanya diperuntukkan bagi satu orang saja, agar surfer tersebut bisa menikmati area ombak yang paling kuat.

Menentukan Spot Surfing Terbaik

Poin ini seperti yang sudah dijelaskan di awal, dan juga termasuk dalam etika surfing. Hal ini penting karena seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, tidak hanya demi kelancaran surfing Anda, namun juga bersopan santun dengan tidak surfing di tempat surfer lainnya.

Menghormati Warga Setempat

Jika Anda baru pertama kali mengenal surfing, mungkin belum memahami hal ini. Setiap tempat surfing memiliki atmosfer tersendiri. Ada beberapa tempat yang lebih “terlokalisir” dibandingkan tempat lainnya. Di sinilah pentingnya kesadaran Anda akan menjaga tata krama.

Anda perlu ingat bahwa di sana, Anda bukan berada di rumah. Jadi, berbaurlah dengan penduduk di sana, sambil sekaligus menikmati budaya lokal. Coba luangkan waktu untuk merasakan serta menganalisis suasana di tempat surfing Anda. Selalu jaga sikap positif, menghormati, dan tidak egois. Nah, selamat surfing!

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
oleh Luh Suarning
Luh Suarning, admin sekaligus penulis di web Balipedia.iD - Agen resmi penjualan tiket wisata di Bali. Perempuan asli Bali, cantik, dan supel.

Tinggalkan komentar