Liburan ke 5 Desa Wisata Unik di Bali Pas untuk Menenangkan Pikiran

Liburan ke Bali bisa menjadi momen yang sangat menyenangkan bagi kita. Selain karena Bali adalah destinasi wisata istimewa yang kelasnya sudah internasional, disana juga kita bisa menemukan banyak hal. Bukan hanya pantai saja sebenarnya yang bisa kita eksplore dalam berwisata disana karena banyak destinasi lainnya yang tak kalah seru.

Hanya saja mungkin selama ini yang paling banyak dikenal orang adalah wisata pantainya yang memang berpanorama indah. Bagaimana kalau kita kurang menyukai pantai tapi ingin sekali menikmati keindahan pantai, pergilah ke desa-desa unik di Bali. Selain akan mendapatkan atmosfir yang berbeda dengan pergi berkunjung ke desa wisata kita akan mendapatkan suasana yang adem, sejuk dan sangat pas untuk menenangkan pikiran.

Jauh dari kebisingan kota dan polusi udara temukan tempat yang pas untuk mengurangi rasa penat karena tekanan pekerjaan selama ini. Tertarik untuk mengunjungi desa wisata di Bali? Inilah beberapa daftarnya yang bisa Anda jadikan rekomendasi saat liburan ke Pulau Dewata tersebut.

5 Desa Tujuan Wisata di Bali yang Unik

Ubud

Kawasan ini memang sangat terkenal sebagai desa wisata yang banyak menjadi favorit para turis lokal dan mancanegara. Desa wisata di Ubud, Bali ini menawarkan pemandangan areal persawahan yang membentang hijau seperti permadani alam.

Bahkan banyak rumor yang beredar bahwa kawasan desa wisata Ubud ini menjadi lokasi syuting Avangers yang lalu tempat dimana karakter Thanos menyendiri di akhir film.

Teganan

Teganan ini bisa menjadi contoh desa wisata di Bali yang masih sangat kental dengan kehidupan tradisional. Di Desa Teganan ini mayoritas penduduknya memiliki pekerjaan sebagai petani dan sebagian lainnya menjadi seniman.

Kalau Anda ingin merasakan suasana kehidupan desa yang sesungguhnya maka Desa Teganan ini layak untuk dikunjungi. Anda juga bisa membeli kain tenun, kerajinan bambu atau lukisan yang langsung dibuat oleh para seniman disini.

Batubulan

Ingin menikmati kesejukan desa sekaligus melihat kesenian tari khas Bali maka Desa Batubulan adalah pilihan yang tepat. Di desa wisata Bali tersebut para wisatawan akan disuguhi aneka tarian khas seperti Kecak, Legong dan tari Barong.

Desa Batubulan juga sangat terkenal sebagai tempat untuk membeli oleh-oleh barang kerajinan khas Bali. Tempat tersebut sangat terkenal dengan hasil kerajinan berupa patung dan ukiran yang biasanya sengaja dibeli sebagai oleh-oleh.

Pelaga

Desa ini cocok jika Anda kunjungi bersama keluarga terutama anak-anak karena mereka akan bisa melihat dari dekat bagaimana para petani bercocoktanam. Ini adalah desa wisata di Bali yang membawa konsep pertanian atau agrowisata yang unik.

Di sini kalau sedang beruntung Anda berkunjung kesana saat musim panen maka bisa ikut memanen hasil pertanian para petani disana. Salah satu contoh desa wisata di Bali yang selalu ramai dikunjungi turis adalah Desa Pelaga ini.

Kertalangu

Satu lagi desa wisata di Bali yang sangat sayang kalau dilewatkan dan tidak dikunjungi. Mengapa begitu karena di desa ini selain Anda akan dimanjakan dengan pemandangannya yang masih hijau dan asri Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas seru.

Di Desa Kertalangu tersebut Anda bisa menunggang kuda, main layang-layang, melukis, menari dan beberapa yang lainnya. Bisa dikatakan juga Desa Kertalangu ini merupakan obyek wisata edukatif yang sangat bagus untuk anak-anak.

Sebelum berangkat liburan mengunjungi desa wisata maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan. Apa sajakah itu?

Persiapan untuk Wisata Desa

Bawa Bekal yang Cukup

Karena akan berwisata ke desa maka harus dipertimbangkan faktor ketersediaan barang yang Anda perlukan. Tidak seperti di kota dimana kita bisa mendapatkan berbagai barang dengan mudah seringkali di desa kita akan sulit untuk menemukan kebutuhan kita.

Jadi sebaiknya bawalah bekal terutama makanan dan minuman secukupnya agar tidak kehabisan disana. Terutama kalau Anda pergi bersama anak-anak maka pastikan mereka tidak akan kekurangan apapun selama liburan di desa wisata tersebut.

Patuhi Segala Peraturan yang Ada

Dalam banyak hal tata kehidupan masyarakat pedesaan berbeda dengan kita yang biasa hidup di kota. Masyarakat kota sudah biasa dengan kehidupan yang longgar dimana kita lebih bisa melakukan apapun yang kita sukai semaunya.

Lain dengan masyarakat desa yang biasanya masih sangat menjunjung tinggi etika sehingga jangan pernah berlaku seperti di kota. Patuhi segala peraturan yang ada di desa wisata tersebut agar perjalanan wisata Anda lancar, aman dan nyaman.

Jaga Komunikasi yang Baik

Masyarakat desa mayoritas masih sangat menghormati keberadaan orang lain terutama jika kita adalah tamu bagi mereka. Tidak segan mereka akan sangat senang memberikan pelayanan terbaik untuk kita agar betah dan nyaman.

Untuk itulah kita harus bisa menghargai semua itu dengan selalu menjaga komunikasi dengan penduduk setempat. Kalau berpapasan usahakan untuk menyapa atau selalu bertanya dengan sikap yang baik kalau ada sesuatu yang ingin kita diketahui.

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
oleh Luh Suarning
Luh Suarning, admin sekaligus penulis di web Balipedia.iD - Agen resmi penjualan tiket wisata di Bali. Perempuan asli Bali, cantik, dan supel.

Tinggalkan komentar