Hutan Tak Selamanya Menyeramkan. Simak 6 Tempat Wisata Hutan di Bali Menakjubkan!

Pulau Bali sudah sangat terkenal dengan destinasi wisatanya yang indah dan eksotis. Selain alamnya yang memiliki keindahan, juga terdapat wisata budaya yang khas yang mampu menarik wisatawan lokal hingga mancanegara. Kebanyakan orang mengetahui wisata alam Bali dengan keindahan pantai serta lautnya yang indah, namun sebenarnya masih banyak lagi surga wisata di Bali yang jarang diketahui.

Salah satu wisata alam di Pulau Bali yang tidak ketahui banyak orang yaitu wisata hutan. Ternyata, di Bali terdapat hutan yang memiliki panorama alam yang memikat hati. Penasaran? Simak ulasan berikut.


Destinasi Wisata Alam Hutan di Bali

Tukad Melangit

Wisata alam yang disuguhkan oleh Pulau Bali dengan kehijauan dan ketenangan yang pertama yaitu wisata alam Tukad Melangit. Kawasan wisata ini memiliki lokasi di daerah Banjar Antugan, Jehem, Bangli. Jika Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan merasakan kesejukan karena suasananya yang serba hijau. Tempat ini dilengkapi dengan hiasan tebing setinggi 300 meter.

Tebing tersebut bahkan sudah dirancang menjadi bentuk yang sangat cantik. Sehingga selain dapat menikmati keindahan alam dari atas tebing, pengunjung juga bisa mendapat hasil jepretan fantastis disini. Tempat ini cocok sekali dikunjungi untuk Anda yang menyukai wisata dengan panorama pegunungan.

Desa Yehembang

Tempat wisata alam yang bertemakan hutan selanjutnya yaitu berada di Desa Yehembeng. Desa ini menjadi sangat terkenal wisatanya karena terdapat Green Cliff. Dari tempat Green Cliff Anda bisa menemukan keindahan tebing-tebing berjejer serta hamparan hutan hijau yang memukau. Di bawah Green Cliff dilengkapi dengan aliran sungai sehingga suara aliran dari sungai menambah kesan keasrian alam.

Tebing-tebing di Desa Yehembeng memiliki gardu pandang yang dibuat dari bambu dan diletakkan tepat di atas puncak tebing. Pengunjung bisa mendatangi puncak-puncak tebing disini dan mendapat spot foto yang cantik.

Monkey Forest

Monkey Forest merupakan wisata hutan berikutnya yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Wisata Monkey Forest ini berlokasi di Ubud, Bali. Sering sekali sebuah paket wisata menjadikan salah satu objek ini menjadi tujuan wisata mereka, hal ini karena wisata Monkey Forest bisa dijadikan sebagai objek edukasi tentang alam sekitar.

Sesuai dengan namanya yang memiliki arti Hutan Monyet, objek wisata ini terdapat banyak sekali hewan monyet-monyet berada di hutan lindung. Selain monyet, juga terdapat pura yang sering dikunjungi wisatawan karena kesejukannya.

Pepohonan yang tinggi membuat hutan wisata ini terasa sangat damai. Namun, Anda harus berhati-hati ketika mengunjungi tempat ini karena kerap kali monyet-monyet ini mencuri barang bawaan pengunjung.

Campuhan Ridge Walk

Tempat wisata yang bertemakan hutan di Bali selanjutnya yaitu Campuhan Ride Walk. Hutan disini tidak memiliki pohon-pohon yang tinggi menjulang pada umumnya, namun tetap saja memberikan suasana yang sangat sejuk dan asri. Wisata yang bertempat di Ubud ini cocok sekali untuk Anda kunjungi ketika bosan dengan wisata yang bernuansa pantai.

Anda bisa menikmati perjalanan yang masih alami dan menikmati aliran sungai dan gemercik air yang ditimbulkan  serta dilengkapi dengan petak-petak sawah yang tersusun sangat cantik. Selain pemandangan alam yang mempesona, ditambah lagi dengan lukisan maha karya Tuhan berupa gunung agung sehingga melengkapi pemandangan menjadi lebih menakjubkan.

Kebun Raya Eka Karya

Sesuai dengan namanya, Kebun Raya Eka Karya merupakan sebuah kebun atau wisata yang memiliki konsep hutan. Lokasi wisata ini berada di daerah Bedugul yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan. Kebun ini sebenarnya bukan sebuah hutan alami melainkan hutan buatan, namun suasana khas alam yang menyejukkan tetap bisa Anda nikmati serta pemandangan yang serba hijau menyegarkan mata.

Tempat wisata ini juga sering dijadikan sebagai wisata edukasi dengan berbagai flora yang cukup lengkap disini. Sehingga pengunjung selain bisa menikmati keindahan alamnya, juga akan mendapat pengetahuan mengenai berbagai jenis tumbuhan yang ada di Kebun Raya Eka Raya.

Pendakian Gunung Batur

Berbicara tentang hutan, tidak jauh-jauh dengan yang namanya gunung. Terlebih bagi Anda yang menyukai wisata pendakian gunung. Gung Batur di Bali menjadi salah satu gunung yang wajib Anda kunjungi. Gunung ini memiliki ketinggian 1.717 m di atas permukaan air laut. Untuk bisa mencapai puncaknya, dibutuhkan waktu selama kurang lebih 2,5 jam perjalanan.

Saat berada di perjalanan menuju puncak, Anda akan menemukan sebuah danau batur kintamani yang bisa Anda nikmati keindahannya karena panoramanya yang cantik. Jika telah sampai puncak, Anda bisa menikmati panorama alam yang dilengkapi dengan nuansa sunrise menawan.

Demikian beberapa rekomendasi wisata alam hutan yang wajib dikunjungi untuk Anda jika merasa bosan dengan wisata pantai. Dengan mengunjungi wisata yang bertemakan hutan ini, Anda akan mendapat suasana yang sejuk sekaligus edukasi tentang alam. Cocok dikunjungi bersama dengan teman satu tim ataupun bersama keluarga.

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
oleh Luh Suarning
Luh Suarning, admin sekaligus penulis di web Balipedia.iD - Agen resmi penjualan tiket wisata di Bali. Perempuan asli Bali, cantik, dan supel.

Tinggalkan komentar