Bosan Pergi ke Kuta? Yuk Tengok Indahnya Pantai Balangan Bali

Bali terkenal dengan beragam wisata alam pantai yang indah nan mempesona. Semakin ke sini, semakin banyak ditemukan “surga tersembunyi” di Pulau Dewata Bali. Hamparan pasir putih dan jernihnya air laut tidak pernah gagal menarik hati para turis lokal dan mancanegara. Salah satu pantai yang cukup tersembunyi di Pulau Dewata Bali yaitu Pantai Balangan.

Berbeda dengan Pantai Kuta, Pantai Balangan terletak di Desa Ungasan, Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri yang mungkin berbeda dengan pantai-pantai lain di Bali. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai salah satu hidden paradise di Bali, yuk simak!

Informasi Umum Pantai Balangan Bali

Lokasi Pantai Balangan

Anda harus menempuh perjalanan darat sekitar 55 menit menggunakan kendaraan beroda dua atau empat dari bandara Ngurah Rai untuk dapat sampai di pantai. Wilayah pantai yang masuk Desa Ungasan ini jauh dari hiruk pikuk perkotaan Bali sehingga dapat memakan jarak perjalanan 22 kilometer dari Denpasar.

Transportasi Menuju Pantai Balangan

Anda dapat menuju Pantai Balangan dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Lokasi pantai ini berdekatan dengan Pantai Dreamland yang berjarak sekitar kurang dari 40 menit   atau 17,3 kilometer. Pastikan kuota internet Anda terpenuhi untuk membuka Google Maps bila Anda menyewa mobil pribadi. Pastikan juga memilih sopir yang terpercaya agar perjalanan Anda nyaman dan aman. Cek: Sewa mobil di Bali

Pantai Balangan memiliki pasir putih dengan tekstur yang tidak terlalu kasar. Beragam aktivitas seperti bermain pasir, berenang, dan surfing dapat Anda lakukan di pantai Bali ini. Berikut ini adalah aktivitas seru yang dapat Anda coba di Pantai Balangan.

Melihat Pemandangan Batu Karang

Anda dapat berfoto di sekitar batu karang pantai Bali. Lokasi pantai yang diapit oleh karang besar dan tinggi menyuguhkan pemandangan spektakuler. Pemandangan sunset terlihat sangat cantik di Pantai Balangan karena lokasi pantai yang menghadap langsung ke arah barat laut. Anda dapat melihat bandara Ngurah Rai dan kapal-kapal nelayan bila berdiri di tebing pantai.

Berselancar    

Pantai Balangan memiliki ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk berselancar. Banyak turis asing berkunjung ke Pantai Balangan Bali untuk kegiatan surfing. Banyak juga pemandu wisata yang dapat mengajari dan mengawasi Anda berselancar di pantai. Pantai ini tidak disarankan bagi Anda yang masih belajar menggunakan papan selancar karena ombak pantai yang tidak tenang.

Foto Pre-wedding

Selain cocok untuk lokasi surfing¸ pantai Bali ini juga cocok sebagai lokasi foto pre-wedding. Lokasi pantai yang tidak terlalu ramai serta pemandangan yang indah menjadi lokasi favorit para pasangan muda yang ingin menikah. Tidak sulit untuk menemukan turis asing maupun lokal mengambil gambar di titik-titik foto terbaik Pantai Balangan.

Latar belakang foto pre-wedding paling umum yang diambil di pantai ini adalah pemandangan sunset pantai yang menawan. Matahari tenggelam dengan warna yang berubah menjadi kemerahan ini membuat kesan romantis di foto pre-wedding. Selain suasana sunset pantai, latar pohon-pohon kelapa juga menjadi spot foto pre-wedding menarik di Pantai Balangan.     

 Mencicipi Kuliner Pantai Balangan

Berbagai pilihan seafood seperti ikan bakar dan udang yang enak dan menggugah selera dapat Anda temukan mudah di lokasi sekitar pantai. Es kelapa muda menjadi minuman favorit pelepas dahaga selama di Pantai Balangan. Masyarakat lokal mencari keuntungan dengan membuka restoran dan café yang menawarkan berbagai olahan seafood, daging, dan makanan minuman lokal Bali lainnya.

Yoga Studio  

Lokasi pantai yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan menjadikan tempat ini lokasi yoga favorit para pengunjung Bali. Banyak ditemukan turis asing datang dan belajar yoga di tempat ini. Pemandangan matahari tenggelam yang indah menambah ketenangan saat melakukan yoga. Instruktur yoga profesional di sekitar pantai ini akan mengajari dan melatih Anda dengan penuh kesabaran.

Berlibur ke pantai Bali menjadi agenda yang tidak pernah dilewatkan para turis lokal maupun mancanegara. Agar liburan Anda menyenangkan, berikut ini adalah tips yang harus Anda lakukan ketika berlibur ke pantai Bali.

Bawa Topi dan Sunblock

Topi dan sunblock adalah dua barang yang wajib harus di bawa ketika berlibur ke pantai. Hal ini dilakukan agar sewaktu pulang dari pantai kulit Anda tidak menghitam akibat panas terik sinar matahari. Selain dua barang tersebut, kacamata hitam dan kain pantai dapat juga Anda bawa untuk menghalangi sinar UV yang berbahaya bagi kulit serta melengkapi gaya berpakaian Anda.

Bawa Sandal dan Baju Ganti

Jangan mempersulit diri dengan memakai sepatu di pantai namun cukup pakai sandal yang nyaman digunakan untuk jalan-jalan. Anda juga perlu membawa baju ganti jika Anda berniat bermain pasir dan air di pantai Bali. Jangan lupa membawa P3K untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama di pantai.

Case Hand Phone Waterproof

Selama di pantai, mengambil gambar untuk mengabadikan momen adalah hal yang sangat menyenangkan. Jangan lupa membekali ponsel Anda dengan case yang tahan air. Hal ini dilakukan untuk mencegah ponsel tercebur di air laut dan mengalami kerusakan.  

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
oleh Luh Suarning
Luh Suarning, admin sekaligus penulis di web Balipedia.iD - Agen resmi penjualan tiket wisata di Bali. Perempuan asli Bali, cantik, dan supel.

Tinggalkan komentar