8 Hal Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Bertualang ke Nusa Penida

Hampir seluruh pulau Bali memang memiliki sejuta pesona yang tak tergantikan. Entah turis lokal atau mancanegara, selalu saja memiliki alasan untuk datang dan kembali ke Bali. Namun tahukah Anda, kalau keindahan tak hanya bisa ditemukan di sekeliling pulau Bali saja lho. Karena Nusa Penida kini muncul sebagai golden egg yang disebut-sebut bakal jadi primadona wisata.

Berada di kawasan tenggara Bali, Nusa Penida memiliki banyak sekali pantai-pantai super cantik dan obyek wisata istimewa lainnya. Dipisahkan oleh selat Badung, kini berlibur ke Penida menjadi pilihan baru para turis yang merasa sudah bosan dengan keindahan Bali. Bagi Anda yang benar-benar ingin ke Penida, ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan terlebih dulu.

Hal-Hal Yang Wajib Dipersiapkan Sebelum ke Nusa Penida

Akomodasi ke Nusa Penida

Seperti yang sudah diketahui, Nusa Penida adalah pulau terpisah dari Bali. Untuk menuju ke sana, Anda bisa melakukan penyeberangan dari pantai Sanur, pelabuhan Padang Bai dan Tanjung Benoa. Namun keberangkatan populer adalah dari pantai Sanur yang relatif mudah diakses bagi Anda yang menginap di sekitar Denpasar.

Untuk menyeberang ke Nusa Penida, ada speed boat Maruti Express yang berangkat setiap hari sebanyak empat kali yakni pukul 09.00, 10.00, 14.00 dan 16.00. Jadi Anda wajib menyiapkan jadwal untuk ada di Sanur agar tidak ketinggalan kapal.

Uang Tunai

Ketahuilah bahwa Nusa Penida tidaklah semaju Bali. Meskipun dibandingkan Nusa Ceningan atau Nusa Lembongan, Penida punya ukuran paling besar, tapi peradabannya tidak sepesat Bali. Untuk itulah Anda harus siap-siap diri kalau memang cukup sulit menemukan ATM di Penida. Padahal selama di Penida, Anda butuh penginapan, konsumsi dan transportasi.

Untuk itulah sebelum menuju ke Penida, pastikan membawa sejumlah uang tunai dalam jumlah yang cukup selama Anda berlibur di sana. Pastikan menyimpan uang di tempat aman dalam ransel. Selain uang tunai, Anda juga harus membawa identitas pribadi semacam KTP karena akan sangat diperlukan untuk menginap di hotel serta menyewa transportasi di Nusa Penida.

Fisik Yang Kuat

Ada alasan kenapa Nusa Penida disebut ‘surganya’ Bali. Karena memang menyimpan banyak sekali tempat wisata berpemandangan indah. Para pecinta pantai bisa menuju Crystal Bay, pantai Atuh, Pasih Uug, Angel’s Billabong hingga pantai Kelingking. Namun ketahuilah untuk menuju ke sana, Anda mungkin harus melakukan trekking menaiki perbukitan dan tebing curam.

Untuk itulah pastikan punya fisik yang kuat selama di Penida dengan berolahraga terlebih dulu. Pelajari dasar-dasar teknik pendakian ringan seperti pengaturan pernafasan, pijakan kaki yang tepat, cengkeraman tangan yang kuat hingga tubuh tak mudah lemas. Karena memang kebanyakan panorama indah di Penida paling sempurna dilihat dari ketinggian.

Transportasi di Nusa Penida

Kebanyakan destinasi wisata di Penida memang berpusat di barat. Hanya saja jalanan di wilayah barat ini sangat jelek dan parah sehingga ada baiknya Anda menggunakan sepeda motor. Sementara itu jika ingin ke daerah barat, Anda harus bertukar mobil karena jaraknya sangat jauh. Agar tidak tersesat dan mengatasi sinyal internet buruk, sewa saja pemandu wisata di Penida.

Bijak Pilih Penginapan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Penida tidaklah semaju Bali. Untuk itu Anda harus siap kalau menemukan hotel bintang lima di Penida tak semudah berjalan-jalan di Legian. Pastikan kapal Anda mendarat di bagian barat atau timur supaya bisa menentukan hotel terdekat. Kalau bisa tarif per malam juga sudah termasuk sarapan agar Anda tak kesulitan cari makan saat bangun pagi.

Tentukan Rute

Ada banyak destinasi wisata yang bisa Anda pilih saat di Nusa Penida. Mulai dari pantai yang indah, air terjun, perbukitan curam dengan hamparan samudera sejernih kristal, gua-gua cantik hingga pura. Tentu saja tak mungkin Anda bisa berkunjung ke semuanya sehingga wajib diperlukan rute dan agenda perjalanan agar liburan di Penida bisa efektif serta maksimal.

Jangan Sembarangan Menyelam

Diving alias menyelam adalah kegiatan wajib di Penida. Salah satu titik menyelam paling favorit adalah Manta Point yang memberikan sensasi menyelam dengan ikan pari terbesar yang ada di dunia. Namun Anda juga harus tahu jika menyelam tak bisa dilakukan sembarangan. Ada banyak hal yang wajib dipersiapkan sebelum scuba diving.

Anda harus memiliki kompetensi di air, fisik dalam keadaan sehat bugar termasuk EKG, tes darah, tes urin hingga ketajaman mata yang harus memenuhi syarat. Terakhir, Anda juga wajib menguasai beberapa alat selam juga.

Perlengkapan Travelling

Dan inilah hal terakhir yang wajib dipersiapkan sebelum ke Penida. Yap, Anda harus membawa beberapa perlengkapan seperti ransel yang tahan air, sandal jepit hingga jas hujan untuk mempersiapkan diri terhadap segala cuaca. Jika semuanya sudah Anda lakukan, maka liburan dan berpetualang di Penida akan terasa luar biasa menyenangkan. Semangat!

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
[Total: 2   Average: 4.5/5]
oleh Luh Suarning
Luh Suarning, admin sekaligus penulis di web Balipedia.iD - Agen resmi penjualan tiket wisata di Bali. Perempuan asli Bali, cantik, dan supel.

Satu pemikiran pada “8 Hal Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Bertualang ke Nusa Penida”

  1. Bener banget, persiapan fisik harus memang kalau ke Nusa Penida.

    Balas

Tinggalkan komentar