Destinasi Wisata di Bali Yang Asyik Ditempuh Dengan Sepeda Motor

Sudah jelang akhir tahun, apakah Anda telah memiliki rencana untuk berlibur? Tentu belum terlambat untuk memikirkannya. Dan bicara mengenai lokasi wisata yang sangat favorit sebagai saksi pergantian tahun adalah Bali. Ditetapkan sebagai salah satu pulau tercantik di dunia, Bali memang memiliki sejuta pesona untuk didatangi para wisatawan.

Jika Anda termasuk yang ingin menikmati liburan di Bali ada baiknya untuk menggunakan sepeda motor sebagai transportasi utama. Tunggu, wisata di Bali dengan sepeda motor? Yap. Apa tidak merepotkan? Justru Anda akan memperoleh pengalaman karena ada banyak tempat wisata di Bali yang lebih seru didatangi dengan sepeda motor seperti berikut ini.

5 Tempat Wisata di Bali Ini Asyik Dikunjungi Pakai Sepeda Motor

Jatiluwih Rice Terrace

Semua orang sudah sangat setuju jika kawasan dataran rendah Bali terutama pantai memang memiliki pemandangan yang sangat mempesona. Namun tahukah Anda kalau Bali bukan hanya mengenai pantai Kuta atau pantai Sanur saja. Ada banyak keindahan alam di Bali yang menunggu untuk didatangi, salah satunya adalah Jatiluwih Rice Terrace.

Hamparan sawah berundak atau yang kerap disebut terasering Jatiluwih di desa Penebel, kabupaten Tabanan ini bahkan jadi salah satu titik wisata paling populer di Bali. Jika terasering Tegalalang di Ubud cuma berkisar beberapa hektar, terasering Jatiluwih justru terbentang seluas mata memandang hingga mencapai ratusan hektar. Saking luasnya, Anda hanya akan melihat hamparan sawah.

Ditetapkan sebagai Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO sejak tahun 2012, Anda tidak akan merasa kecewa datang ke Jatiluwih. Alih-alih mobil, gunakan saja sepeda motor karena segarnya udara Tabanan dan undak-undak sawah jadi pemandangan yang sangat mahal. Jangan lupa membawa jas hujan dan siapkan fisik karena Jatiluwih berjarak sekitar 50 kilometer dari kota Denpasar.

Desa Adat Panglipuran

Karena menggunakan sepeda motor, maka usahakan untuk berwisata ke lokasi-lokasi yang masih kental budaya serta adat istiadat Bali. Dan salah satu desa adat yang wajib Anda kunjungi sekali seumur hidup adalah Panglipuran yang bergelar sebagai desa terbaik di dunia. Tanpa sampah berserakan, Panglipuran memang luar biasa bersih.

Lokasinya di kelurahan Kubu, kecamatan Bangli, kabupaten Bangli, desa adat Panglipuran ini berjarak 45 kilometer dari Bali. Untuk itulah ada baiknya Anda singgah di penginapan daerah Kintamani saja untuk bisa menikmati perjalanan melintasi dataran tinggi di Bali. Nanti sepeda motor tinggal diparkirkan saja di garasi karena untuk berjalan di Panglipuran, harus berjalan kaki.

Danau Batur

Menempuh perjalanan di pegunungan dengan sepeda motor adalah sebuah tantangan sekaligus pengalaman menyenangkan. Dengan udara yang luar biasa sejuk dan pemandangan serba hijau, mengendarai sepeda motor jelas tidak akan terasa melelahkan. Dan lokasi wisata terbaik di Bali yang sangat asyik ditempuh dengan sepeda motor adalah di kawasan Bali bagian utara.

Dari banyaknya tempat, salah satu yang wajib Anda kunjungi adalah gunung dan danau Batur. Daya tarik utama danau Batur adalah karena letaknya di dalam kaldera gunung berapi Batur yang masih aktif. Bahkan bagi Anda penikmat motorcross, rasa-rasanya wajib mencobanya di area gunung Batur. Tenang saja, ada banyak persewaan motorcross jadi Anda bisa ‘menaklukkan’ gunung Batur.

Danau Bratan

Danau lain yang sudah seharusnya masuk daftar wajib kunjung Anda saat ada di Bali adalah danau Bratan. Berada di kawasan Bedugul, desa Candikuning, kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan, danau Bratan dijuluki sebagai salah satu danau terindah di Bali. Karena ada di ketinggian 1.240 mdpl, Anda harus mengenakan jaket untuk menahan suhu dingin yang mencapai 18 derajat.

Meskipun luasnya masih kalah dari danau Batur, danau Bratan sangat banyak dikunjungi turis lantaran aneka water sport termasuk paralayar. Menggunakan sepeda motor, Anda akan melintasi jalan provinsi Denpasar-Singaraja saat menuju Bratan. Bahkan jika masih ada waktu, Anda juga bisa berkunjung ke Kebun Raya Eka Karya Bedugul hingga pasar buah-sayuran Bedugul.

Pantai Melasti Ungasan

Kawasan Bali bagian selatan adalah surganya pantai indah. Namun jika Anda ingin berkunjung ke pantai yang tak terlalu ramai tapi indah, maka jawabannya adalah pantai Melasti di Ungasan, kabupaten Badung. Cuma berjarak sekitar 22 kilometer dari pantai Kuta, Melasti adalah pantai yang sangat cocok dikunjungi dengan sepeda motor.

Siapkan diri Anda untuk terpesona dengan hamparan tebing kapur alami di sepanjang jalan menuju Melasti. Sungguh pemandangan yang eksotis dan membuat perjalanan dengan sepeda motor tak akan terasa membosankan.

Dari kelima ulasan di atas, terbukti bukan kalau berwisata dengan sepeda motor di Bali tidak pernah bikin bosan? Bahkan bisa saja Anda memperoleh pengalaman yang sangat seru saat berkeliling di Bali dengan sepeda motor. Tenang saja, ada banyak persewaan sepeda motor di Bali yang memiliki tarif murah meriah sehingga tak perlu khawatir pengeluaran membengkak.

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
oleh Luh Suarning
Luh Suarning, admin sekaligus penulis di web Balipedia.iD - Agen resmi penjualan tiket wisata di Bali. Perempuan asli Bali, cantik, dan supel.

Tinggalkan komentar