Penglipuran, Desa Paling Bersih di Dunia

Hello…

Kali ini, mimin Balipedia ikut nimbrung ngomongin tentang Desa Paling Bersih di Dunia. Mimin sudah surfing kemana mana nih mencari referensi tentang hal ini, dan akhirnya mentok dan ketemu sama yang namanya Desa Penglipuran, yang dikatakan 1 diantara 3 desa paling bersih di dunia… OMg..

Tidak berlebihan memang jika desa ini termasuk yang paling bersih. Tata letak bangunan rumah (menua/tradisional) terlihat berjejer dan presisi, halaman rumah bersih tanpa satupun sampah yang berserakan. Suasana hijau sangat tampak, udaranya juga sejuk tanpa polusi. Tidak ketinggalan juga bunga warna-warni tumbuh dibanyak tempat kayak bugenvil, kembang sepatu, mawar, hingga kamboja. Sangat memanjakan mata!

Bagi para wisatawan yang berkunjung kesini, kendaraan tidak diijinkan masuk ke area desa sehingga untuk menikmati keindahan desa Penglipuran, mau tidak mau mesti berjalan kaki menyusuri tapak demi setapak. Mimin jamin, pasti gak akan bosan kok disini.

Dibawah ini beberapa foto yang menggambarkan Desa Penglipuran, Desa Paling Bersih di Dunia

Desa Penglipuran
Desa Penglipuran
Desa Penglipuran
Desa Penglipuran

Desa Paling Bersih di Dunia

Diatas sudah dipaparkan 1 diantara 3 desa paling bersih di dunia. Berikut akan kami jelaskan lagi 2 desa nya ya…

2. Desa Giethoorn

Desa Giethoorn terletak di Overijssel, Belanda. Lokasinya 1,5 jam dari Amsterdam. Desa ini bebas kendaraan bermotor dan bahkan bisa dibilang nyaris tanpa jalan raya. Yang ada hanyalah kanal-kanal dan jalanan kecil untuk pejalan kaki. Di desa ini, akses transportasi yang utama adalah sebuah kanal sepanjang 4 kilometer. Selain perahu, terdapat satu lagi transportasi lainnya yakni sepeda. Biasanya, para penduduk akan memakai sepeda saat pergi ke beberapa tempat atau sekedar mengunjungi tetangganya. Berkat keunikan desa wisata di Belanda ini, Giethoorn sangat populer dikunjungi para traveller dalam dan luar negeri.

Desa Giethoorn - Desa Paling Bersih di Dunia
Suasana Desa Giethoorn – Sumber foto: Google

Desa Giethoorn dihuni oleh kurang lebih 2.620 orang. Lingkungannya yang bersih, asri dan rindang membuat banyak wisatawan berkunjung ke desa ini. Bahkan, Giethoorn mendapatkan julukan sebagai ‘Venesia dari Belanda’ dan menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Belanda.

3. Desa Mawlynnong

India tidak selamanya kotor dan penuh polusi seperti yang sering digambarkan. Buktinya, desa Mawlynnong Meghalaya justru berhasil mendapatkan predikat sebagai desa paling bersih di dunia. Desa ini didiami oleh suku Khasi. Tanaman dan bunga-bunga tumbuh subur dan bersih di sekitar desa serta tidak tampah sampah mengotori jalan-jalan di desa.

Tempat sampah yang terbuat dari bambu tersedia di setiap sudut jalan. Selain itu ada peringatan berukuran besar yang melarang masyarakat untuk membuang sampah sembarangan. Para relawan dan warga juga rajin menyapu jalan secara rutin sehingga desa berpenduduk 500 orang itu selalu bersih. Mawlynnong mulai dikenal dunia setelah seorang jurnalis India berkunjung dan menulis tentang desa itu 12 tahun lalu. Dalam tulisan itu, sang jurnalis menjulukinya sebagai desa terbersih di Asia.

Desa Mawlynnong - Desa Paling Bersih di Dunia
Suasana Desa Mawlynnong – Foto from Google

Ternyata, budaya hidup bersih sudah diterapkan sejak 130 tahun silam di desa tersebut ketika wabah kolera melanda. Seorang pendeta mengatakan pada nenek moyang para warga bahwa menjaga kebersihan badan, makanan, rumah, dan lingkungan bisa melindungi diri mereka dari kolera. Sejak itulah mereka benar-benar menjaga kebersihan dan bahkan melarang wisatawan datang ke wilayah mereka. Barulah pada tahun 2003 larangan tersebut dihapus. (sumber: Boombastis.com)

Ada unek-unek? silakan diskusi dibawah ini yuk!

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
oleh Tim Balipedia
Tim Balipedia siap memberikan support & layanan terbaik untuk tamu yang ingin membeli tiket wisata Bali seperti Bali Safari, Bali Zoo, Watersport Tanjung Benoa, Ayung rafting, Telaga waja rafting, lihat dolphin Lovina, dan lainnya. Balipedia.ID merupakan Agen Penjualan Tiket Wisata Bali dan Sewa Mobil di Bali. Telp. 0361-7996369 / WA. 081339633454 / Email: info@balipedia.co.id

Tinggalkan komentar