Liburan Ke Bali? 5 Aktivitas Di Desa Penglipuran yang Sayang untuk Dilewatkan

Pesona Pulau Bali memang tidak ada habisnya baik untuk wisata lokal maupun mancanegara. Banyak wisata yang bisa dikunjungi di Bali baik wisata air, wisata kuliner, wisata pegunungan dan lain sebagainya. Di Pulau Bali Anda juga bisa belajar mengenai kehidupan masyarakat Bali pada jaman dahulu.

Ya di Desa Penglipuran ini kental dengan kehidupan tradisional masyarakat Bali yang terjaga dari dulu hingga sekarang. Tidak heran menjadi salah satu tempat wisata yang paling ingin dikunjungi oleh wisatawan. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Desa Penglipuran, antara lain sebagai berikut.

Aktivitas Menarik di Desa Penglipuran

Keasrian Desa Penglipuran

Hal pertama yang akan Anda rasakan dan nikmati begitu sampai ke Desa Penglipuran adalah keasrian tempat tersebut. Berbeda 180 derajat dari hiruk piruk kota besar, di Desa Penglipuran ini mempunyai suasana yang tenang. Banyaknya tanaman dan pohon yang ada di Desa Penglipuran membuat udara di sekitar desa juga terasa sangat menyegarkan dan menyehatkan.

Keramahan Desa Penglipuran

Bukan hanya suasana alam saja yang menyambut kedatangan Anda, masyarakat Desa Penglipuran juga akan menyambut dengan hangat dan ramah. Banyak informasi yang bisa Anda dapatkan saat berkunjung. Tidak perlu sungkan untuk bertanya segala hal mengenai Desa Pelipuran kepada masyarakat, karena mereka akan menjawab dengan senang hati.

Berfotoria Di Desa Penglipuran

Keindahan Desa Penglipuran yang ada di setiap sudut membuat tangan Anda tidak bisa berhenti untuk mengabadikannya. Tidak heran jika tempat wisata satu ini menarik para fotografer lokal maupun dunia. Para fotografer berlomba-lomba untuk mendapatkan keindahan dan kecantikan yang dimiliki Desa Penglipuran. Bahkan banyak model melakukan foto di tempat wisata satu ini.

Melepas Penat

Tujuan liburan adalah melepas penat yang ada di kepala akibat aktivitas yang berat. Saat berkunjung ke Desa Penglipuran Anda bisa melepas penat di pendopo yang tersedia. Banyak tersedia pendopo yang terbuat dari kayu yang bisa Anda gunakan untuk sekedar beristirahat atau melepas penat. Bahan kayu yang digunakan membuat suasana lebih tenang.

Menikmati Kesegaran Hutan Bambu

Di Desa Penglipuran terdapat satu destinasi wisata paling banyak dikunjungi yaitu hutan bambu. Bambu-bambu yang berjejer rapi akan membuat suasana terlihat teduh, bukan hanya itu saja kesegaran dan kebersihan udara juga bisa Anda nikmati saat berkunjung ke hutan bambu ini. Letak hutan bambu berada di belakang area parkir.

Pesona Unik Desa Penglipuran Bali

Budaya Lokal

Tidak heran kenapa Desa Penglipuran menjadi desa wisata, ini dikarenakan kearifan lokal yang sangat kental dimilikinya. Desa dengan luas 110 hektar dan terbagi 3 zona ini semuanya menggunakan adat tradisional bali. Desa penglipuran terdiri dari pemukiman warga, pemakaman dan hutan bambu. Disini sangat dilarang keras laki-laki mempunyai istri lebih dari 1, jika melanggar terkena hukuman.

Keindahan Alam Pulau Dewata

Letak Desa Penglipuran yang berada di 700 mdpl membuatnya memiliki keindahan alami Pulau Dewata. Keindahan laut, pegunungan bisa dirasakan di Desa Penglipuran ini. Terlebih lagi dengan adanya hutan bambu, menambah kesegaran dan keasrian yang dimiliki Desa Penglipuran.

Kuliner Unik

Selain bisa menikmati keindahan alam yang begitu menakjubkan, disini Anda juga bisa merasakan wisata kuliner super enak dan khas. Disini Anda bisa mencoba loloh cemcem (jamu dengan 6 varian rasa), Donat Ketela (donat yang terbuat dari singkong), Tipat Catok (ketoprak dengan tambahan kacang mentik), sueg (makanan khas Bali yang wajib dicoba).

Banyak Taman Asri

Saat memasuki Desa Penglipuran zona pemukiman penduduk, Anda akan langsung di sambut oleh banyaknya taman asri. Bukan hanya memiliki daun yang segar dan bersih saja, namun juga terdapat bunga-bunga yang cantik mempesona. Hampir setiap rumah mempunyai taman di sekitar rumah mereka, sebagai wisatawan baik jangan merusak keindahan yang sudah dijaga masyarakat Desa Pelipuran.

Hiasan Janur

Jangan terkejut ketika datang ke Desa Penglipuran dan melihat banyak hiasan janur. Ini merupakan ciri khas yang dimiliki Desa Penglipuran. Untuk menikmati fenomena ini datanglah pada Bulan September dimana banyak acara keagamaan digelar. Hiasan janur terjejer rapi di sekitar rumah tepatnya di sepanjang jalan Desa Penglipuran.

Banyak keindahan yang di tawarkan Desa Penglipuran sebagai desa wisata. Mengunjungi Desa Penglipuran saat berlibur ke Pulau Dewata akan memberikan kesan mendalam dan tidak membuat kecewa. Bahkan banyak yang ingin mengunjungi tempat wisata ini lagi saat berkunjung ke Pulau Dewata nantinya.

Warna hijau dan coklat yang identik pada Desa Penglipuran membuat pikiran dan mata menjadi segar. Tidak ada duanya wisata yang menawarkan keindahan seperti ini di Pulau Bali. Jika Anda tertarik dan ingin mencoba menikmati kearifan lokal Desa Penglipuran, silahkan datang ke Kecamatan Bangli, Pulau Bali.

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
oleh Luh Suarning
Luh Suarning, admin sekaligus penulis di web Balipedia.iD - Agen resmi penjualan tiket wisata di Bali. Perempuan asli Bali, cantik, dan supel.

Tinggalkan komentar