6 Aktivitas Seru bisa Dilakukan di Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Garuda Wisnu Kencana atau GWK merupakan sebuah monumen patung yang menggambarkan dewa Hindu, Wisnu, sedang menunggangi burung legendaris, Garuda. Lokasi tempatnya berada di Taman Budaya GWK di Kabupaten Badung, Bali. Destinasi ikonik ini semakin populer setelah diresmikan Presiden Jokowi pada September 2018.

Meski monumen tersebut merupakan primadona wisatawan, namun sebenarnya masih ada banyak atraksi lain yang bisa Anda nikmati. Coba simak sejumlah ide aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di sana.

Membaur Bersama Budaya Lokal

Menonton Pertunjukan dan Film Tradisional

Manajemen Taman Budaya GWK menyajikan tujuh pertunjukan tari setiap harinya untuk pengunjung. Tarian yang ditampilkan biasanya seperti Tari Bali, Keris Barong, Nusantara, Balet Garuda Wisnu, dan Kecak Garuda Wisnu. Jadwal penampilan pertama biasanya pukul 10 pagi, dan yang terakhir adalah pukul 6.30 malam.

Selain itu, Anda juga dapat menonton film di Bioskop Garuda. Bioskop ini dibuka setiap hari pada jam 11 pagi, menampilkan film animasi pendek berdurasi 35 menit, yang berjudul Garuda Cilik Adventure. Kabarnya, film ini memenangkan kategori film pendek animasi terbaik di Festival Film Indonesia 2015. Semua pertunjukan tadi dapat Anda nikmati gratis.

Berkeliling dengan GWK Loop

Dengan luas tempat mencapai 60 hektar, berkeliling di GWK bisa jadi sangat melelahkan, terutama di bawah terik sinar matahari di Bali. Untungnya, pihak manajemen taman budaya ini menyediakan layanan antar jemput yang bernama GWK Loop.

Bus ini akan membawa Anda mengelilingi patung-patung besar yang terletak di tengah taman. Bisnya juga memiliki jendela yang besar, sehingga memudahkan Anda untuk menikmati pemandangan taman. Bus GWK Loop biasanya diparkir dekat counter penjualan tiket.

Mengikuti Jadwal Kegiatan GWK

Belajar Sejarah

Pengunjung yang tertib mungkin senang memperhatikan informasi yang sangat banyak mengenai sejarah pada dinding bangunan di Taman Budaya GWK. Misalnya, pada ampitheatre, terdapat relief yang menggambarkan kisah Garuda Wisnu di depannya. Lotus Pond juga memiliki patung-patung besar dengan ukiran deskripsi di atasnya.

Tidak hanya itu, saat memasuki area parkir, pengunjung juga akan disambut oleh mata air Parahyangan Somaka Giri. Akan ada seorang penjaga kuil bernama Semmi yang menjelaskan tentang sejarah musim semi kepada pengunjung. Menarik!

Jadwal Aktiivtas Harian

Setiap Senin, jam 7 malam, area Plaza Kencana menjadi semakin hidup dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan di sana. Anda dapat menikmati makanan dari food truck sambil menyaksikan live music dan tarian api.

Ada pula pertunjukan lain seperti tarian salsa di Reato Jendela Bali pada hari Jumat jam 7 malam. Kemudian, ada perayaan bulan purnama di Plaza Wisnu pukul 4 sore setiap bulannya. Anda juga bisa mengikuti kelas yoga setiap hari Rabu jam 6 pagi. Seru, kan?

Belanja Seru Sambil Berfoto-Foto

Berburu Spot yang Instagramable

Di GWK banyak terdapat tempat indah yang sempurna untuk berfoto-foto. Salah satunya adalah tebing batu yang terletak di daerah Lotus Pond dengan latar belakang patung-patung tinggi dengan desain menarik. Kura-Kura Plaza juga memiliki pepohonan dan kolam yang cantik untuk jadi latar tempat mengambil foto.

Tidak hanya itu, Taman Indraloka juga merupakan tempat yang tepat untuk berfoto. Sebab, di sini pengunjung dapat memesan menu dan bersantap makanan sambil berfoto. Yang pasti, Anda tidak akan mungkin kehabisan spot bagus untuk selfie dan mengambil foto. Di sini setiap sudutnya penuh dengan estetika yang instagramable.

Berbelanja Souvenir

Street Theatre, yang merupakan titik awal dan akhir GWK, adalah area perbelanjaan souvenir di taman GWK. Di sini terdapat berbagai toko dan restoran. Anda juga bisa berbelanja oleh-oleh di GWK Souvenir Shop dan Bali Art Market. Mungkin, barang yang akan Anda beli termasuk yang harganya mahal, jadi selalu periksa dulu label harganya.

Jalan-Jalan Seru ke GWK

Jam Operasional GWK

Taman Budaya GWK buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 10 malam. Jadi, kapan pun Anda ingin berkunjung ke sini, tempat ini pasti buka. Namun, memang GWK tidak beroperasi saat malam hingga pagi hari. Akan tetapi, tidak ada hari tempat ini tutup.

Mampir ke Pantai di Pesisir Selatan

Seperti yang kita tahu, pantai di daerah Bali Selatan memiliki pesona yang luar biasa. Setiap pantainya memukau dengan pasir putih, ombak indah, serta panorama sunset yang menggoda. Di samping itu, pantai-pantainya didominasi dengan struktur tebing batu kapur, menambah eksotisme tempat tersebut.

Jika Anda ke GWK, maka bisa sekaligus mampir ke pantai-pantai seperti Pantai Pandawa, Jimbaran, Suluban atau Blue Point, Padang-Padang, dan masih banyak lagi. Selain menikmati pantainya, Anda pun bisa mencicipi berbagai kuliner yang ada di sana. Pokoknya, jalan-jalan ke GWK pasti jadi pengalaman yang mengasyikkan bagi Anda.

Oya, bagi pencinta olahraga air, ada baiknya juga main watersport Tanjung Benoa. Kebetulan juga lokasinya tidak begitu jauh dari GWK 😀

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
[Total: 4   Average: 4/5]
oleh Luh Suarning
Luh Suarning, admin sekaligus penulis di web Balipedia.iD - Agen resmi penjualan tiket wisata di Bali. Perempuan asli Bali, cantik, dan supel.

Satu pemikiran pada “6 Aktivitas Seru bisa Dilakukan di Garuda Wisnu Kencana (GWK)”

Tinggalkan komentar