10 Tempat Wisata di Bali Selain Destinasi Pantai

Pulau Bali merupakan salah satu destinasi liburan paling populer yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Apalagi saat musim liburan, Bali akan terasa sesak dan penuh dengan orang lalu lalang, terutama di dekat wisata pantai. Pantai di Bali memang menjadi daya tarik utama bagi para pelancong yang berkunjung ke sana seperti pantai Kuta, pantai Tanjung Benoa, pantai Pandawa, pantai Melasti, dll.

Namun, destinasi wisata di Bali bukan melulu tentang pantai, ada banyak sekali pilihan tempat wisata lainnya yang patut dijelajahi misal saja Bali Safari Marine Park atau Bali Zoo Park. Tempat wisata lainnya di Bali meliputi pegunungan, perbukitan, air terjun, tempat konservasi, museum, peninggalan sejarah dan lain sebagainya.

Wisata di Pulau Bali Selain Pantai

Bali adalah ikon wisata Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara, maka tak heran jika banyak turis asing berlibur ke sana. Bali memang terkenal dengan keindahan pantainya, namun Anda juga bisa menengok beberapa wisata selain pantai di bawah ini, antara lain:

Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung

Air terjun setinggi 15 meter ini sangat cantik dan patut dikunjungi, namun medan yang harus dilalui cukup ekstrem. Anda perlu menuruni jalan berundak, menyusuri pinggiran kali, menuruni tebing dan juga melewati jalan sempit seperti goa di antara tebing.
Lokasi: Jalan Tembuku, Dusun Tenida Kelod, Tembuku, Bangli

Hidden Canyon

Hidden Canyon Bali

Sesuai namanya, tempat wisata yang satu ini cukup tersembunyi dan diapit oleh dua bongkahan tebing dengan tinggi sekitar 20 meter. Sedangkan di bagian tengahnya mengalir air sungai dari tukad.
Lokasi : Desa Guwang, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar, Bali

Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul

Beralih ke destinasi danau Beratan Bedugul yang juga cukup populer dan bisa jadi alternatif liburan selain pantai. Danau ini masih sangat asli dan alami, udaranya juga sejuk karena lokasinya berada di daerah pegunungan.
Lokasi : Jalan Raya Candi Kuning, Baturiti, Tababan, Bali

Secret Garden

Secret Garden Bali

Secret Garden merupakan tempat wisata edukasi yang menarik, ada pameran kain tradisional, penjabaran pembuatan sabun batangan (herborist), beauty tour, hingga filosofi kopi (coffee tour).
Lokasi : Jl. Raya Denpasar Bedugul km. 36, Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan – Bali

Gunung Batur

Gunung Batur Bali

Salah satu gunung paling terkenal di Bali adalah gunung Batur yang merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 1717 mdpl. Jika Anda bukan anak pantai, mungkin menjadi anak gunung bisa jadi liburan paling seru yang bisa dilakukan.
Lokasi : Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

BACA Juga:  Perhatikan 8 Hal Penting Saat Surfing di Pantai Bali

Bukit Putung

Bukit Putung Bali

Dari lokasi wisata bukit putung, Anda bisa melihat birunya lautan dan hijaunya pegunungan terbingkai indah sejauh mata memandang. Berlibur ke bukit putung bisa membuat Anda lebih rileks, tenang dan segar kembali.
Lokasi : Desa Dudatimur, Kecamatan Selat, Karangasem

Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana

Berkunjung ke Bali rasanya belum lengkap jika Anda belum mampir ke taman budaya yang satu ini. Garuda Wisnu Kencana (GWK) merupakan sebuah taman budaya yang memiliki daya tarik tersendiri, luasnya saja mencapai 240 hektare.
Lokasi : Jalan Uluwatu, Dusun Ungasan, Kuta Selatan

Museum Kerang

Museum Kerang Bali

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan destinasi wisata bersejarah namun tetap seru untuk dikunjungi, bisa datang ke Museum Kerang. Di sini terdapat banyak sekali koleksi dari berbagai macam fosil kerang, bahkan ada yang berusia ratusan tahun. Museum ini juga merupakan satu-satunya di Indonesia yang memilikikoleksi fosil kerang.
Lokasi : Jalan Sunset Road 819 Benoa, Kuta Selatan

Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi

Bosan dengan wisata pantai di Bali? Tenang saja, Anda bisa datang ke Candi Gunung Kawi yang merupakan tempat wisata bersejarah, namun tidak membosankan sama sekali. Justru Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dan eksotik di sekitar tempat wisata Candi Gunung Kawi tersebut.
Lokasi : Banjar Penaka, Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, Bali

Upside Down World Bali

Upside Down World Bali

Selain tempat wisata alam dan tempat-tempat bersejarah, Anda juga bisa berlibur ke tempat wisata modern seperti Upside Down World. Di tempat ini Anda bisa mengabadikan foto yang hasilnya akan terlihat seperti rumah terbalik.
Lokasi : Jalan By Pass Ngurah Rai No.726 Pemogan, Denpasar, Bali

Tips Berwisata di Pulau Dewata Bali

Bagi yang sudah sering berlibur ke Bali, mungkin juga sudah terbiasa dengan lingkungan masyarakat di sana. Namun, jika Anda belum pernah menginjakkan kaki di Bali, maka lebih baik perhatikan tips-tips berikut ini, antara lain:

Buat Perencanaan Keuangan

Masalah utama saat Anda ingin berlibur ke Bali yaitu membutuhkan uang yang banyak untuk akomodasi dan kebutuhan lainnya saat liburan. Namun, hal ini tidak perlu dikhawatirkan apabila Anda bisa membuat perencanaan keuangan dan mengelolanya dengan baik selama liburan. Cobalah untuk membuat perhitungan perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk transportasi, akomodasi, makan, jajan, oleh-oleh dan lain-lain.

Cek: Harga Tiket Bali Safari

Cari Penginapan Murah

Nah, akomodasi atau penginapan juga menjadi faktor utama yang menentukan bujet biaya liburan Anda di Bali. Anda bisa saja menginap di hotel mewah untuk mendapatkan fasilitas lengkap. Tetapi, jika penginapan hanya digunakan untuk istirahat/tidur, maka lebih baik menghemat biayanya dengan memilih penginapan khusus backpacker.

BACA Juga:  Nasi Jinggo - Makanan sejuta umat di Bali

Menyewa Sepeda Motor

Bagi para wisatawan di Bali, menyewa motor sudah menjadi kebiasaan dan ada banyak sekali tempat sewa berjejer di kota Bali. Daripada menggunakan jasa travel dengan jadwal perjalanan yang cukup padat, Anda bisa memilih naik motor dan bebas kemana saja. Sewa motor di Bali cukup murah tidak sampai 100 ribu rupiah, Anda juga bisa menawar untuk mendapatkan harga lebih murah.

Makan di Kedai Backpacker

Untuk urusan makan, biasanya tergantung dari kebutuhan dan tujuan dari liburan itu sendiri. Jika Anda ingin liburan fancy dan mencoba hidangan mahal di Bali, maka tidak ada salahnya berkunjung ke restoran. Tetapi jika hanya ingin mengisi perut dan lebih fokus pada destinasi wisata lainnya, maka cobalah mencari tempat makan khusus backpacker. Biasanya, tempat makan khusus backpacker harganya jauh lebih murah.

Hindari Musim Liburan

Jika ingin menghemat biaya liburan, maka hindari berlibur ke Bali saat musim liburan. Bukan hanya karena sesak dan penuh orang liburan, tetapi semua harga transportasi dan akomodasi juga ikut naik. Belum lagi sesampainya di Bali bisa saja para pedagang sengaja menaikkan harga karena sedang musim liburan. Jika sudah demikian, liburan hemat di Bali yang Anda rencanakan bisa gagal total.

Beli Souvenir Murah

Setiap liburan pasti ada oleh-oleh yang akan dibeli baik itu untuk diri sendiri maupun keluarga dan sahabat. Namun, perlu diketahui bahwa Anda sedang berlibur ke luar kota dan akan repot jika membawa banyak oleh-oleh. Lebih baik beli oleh-oleh seperlunya saja dan cari tempat belanja yang murah seperti pasar Sukawati, Tanah Lot, Kumbasari dan lain-lain.

Baca juga: Tips liburan ke Bali ala pemula

Nah, itulah berbagai pilihan destinasi wisata yang bisa dikunjungi selain wisata pantai di Bali. Tak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa tips di atas saat berlibur ke Bali agar biaya liburan tidak membengkak. Dengan begitu, liburan pun akan terasa lebih damai tanpa khawatir uang habis setelah liburan.

Tanggapan Anda tentang info ini?

Silakan beri nilai!

Nilai rata-rata 5 / 5. Vote count: 268

Jadilah orang pertama beri nilai

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Photo of author

Tim Balipedia

Tim Balipedia siap memberikan support & layanan terbaik untuk tamu yang ingin membeli tiket wisata Bali seperti Bali Safari, Bali Zoo, Watersport Tanjung Benoa, Ayung rafting, Telaga waja rafting, lihat dolphin Lovina, Trans Studio Bali, dan lainnya. Balipedia.ID merupakan Agen Penjualan Tiket Wisata Bali dan Sewa Mobil, supported by PutraMa Bali Holiday. Book via WA: 081339-633454

Mau booking? WA : 081339-633454

Tinggalkan komentar