Suka Mendaki? Inilah 6 Puncak Tertinggi Bali yang Siap untuk Ditaklukkan

Berbicara soal apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di Bali, rata-rata orang akan berpikir tentang berenang dan bermain di pantai. Tapi, perlu diketahui bahwasanya Bali tidak hanya punya pantai yang bisa dikunjungi, tetapi juga punya gunung yang bisa didaki. Tentunya ini adalah kabar gembira bagi orang-orang yang suka dengan petualangan dan selalu ingin menikmati panorama sunrise dari ketinggian.

Bali mempunyai beberapa gunung dengan ketinggian yang bervariasi. Namun, di bawah ini hanya akan disebutkan 6 gunung paling tinggi di Bali dan siap untuk Anda daki, antara lain.


6 Gunung yang Paling Tinggi di Bali

Gunung Agung

Urutan pertama gunung yang paling tinggi di Bali ialah Gunung Agung. Gunung ini mencapai predikat tersebut berkat ketinggiannya yang mencapai 3.031 mdpl. Lokasinya ada di Kabupaten Karangasem. Selain menjadi gunung yang tertinggi, Gunung Agung ini juga sekaligus merupakan gunung yang dianggap suci oleh masyarakat Bali.

Kalau Anda berminat untuk mendaki Gunung Agung ini, ada dua jalur pendakian yang bisa Anda pilih, yaitu Desa Junggul yang ada di ketinggian 1.200 mdpl dan Pura Pasar Agung yang ada di ketinggian 1.500 mdpl. Jika Anda ingin menuju ke kawah selatan Agung atau ingin menikmati sensasi mendaki bersama para turis, sebaiknya Anda pilih jalur pendakian yang kedua saja.

Gunung Batukaru

Di posisi kedua ada Gunung Batukaru yang tingginya adalah 2.276 mdpl. Walaupun gunung ini berada di posisi kedua, namun perlu diketahui bahwasanya Gunung Batukaru ini adalah titik yang paling tinggi di kawasan kaldera purba Beratan dari total 7 puncak yang ada di kawasan tersebut. Sementara untuk area hutannya difungsikan sebagai kawasan penadah hujan.

Total jalur pendakian yang bisa Anda pilih di Gunung Batukaru ini ada 3, yaitu Pura Batukaru yang ada di ketinggian 835 mdpl, Desa Jatiluwih yang ada di ketinggian 840 mdpl dan Desa Pujungan, tepatnya adalah sisi barat laut desa tersebut dengan ketinggian sekitar 1.090 mdpl.

Gunung Abang

Lanjut ke gunung yang tertinggi ketiga di Pulau Bali, namanya adalah Gunung Abang. Tinggi gunung ini adalah sekitar 2.152 mdpl, dan ketinggian tersebut juga yang membuat gunung ini menjadi puncak tertinggi di kawasan kaldera Batur. Gunung ini ada di Kabupaten Bangli dengan diapit oleh dua gunung sekaligus yakni Gunung Agung di sisi timur dan Gunung Batur di sisi barat.

Antara Gunung Batur dan Gunung Abang ini terdapat sebuah danau cantik yang sering dijadikan lokasi pengambilan foto prewedding, namanya adalah Danau Batur. Untuk mendaki gunung ini ada 2 jalur yang bisa Anda pilih yaitu Jalur Songan yang merupakan jalur terpanjang dengan ketinggian 1.200 mdpl dan jalur Desa Suter yang ada di ketinggian 1.400 mdpl.

Gunung Catur

Posisi keempat adalah Gunung Catur atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan Puncak Mangu. Hal yang membuat gunung ini menduduki posisi tersebut adalah ketinggiannya yang mencapai 2.096 mdpl. Gunung ini ada di daerah Bedugul.

Pemandangan yang istimewa akan langsung Anda dapatkan jika Anda mendaki gunung ini sampai puncak, mengingat gunung ini dikelilingi oleh Danau Buyan dan Danau Beratan. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan hampir seluruh gunung yang ada di Pulau Bali karena lokasi Gunung Catur ini ada di tengah-tengah sirkum pegunungan yang ada di sana.

Di bagian puncak juga ada Pura Puncak Mangu, sehingga jika Anda mendakinya, ada kemungkinan Anda bertemu dengan pemeluk agama Hindu yang hendak melakukan ibadah di pura tersebut. Untuk jalur pendakiannya sendiri ada dua yakni melalui Bedugul yang ada di ketinggian 1.220 mpdl dan melalui Petang yang ada di ketinggian 1,330 mdpl.

Gunung Sanghyang

Posisi selanjutnya ada Gunung Sanghyang atau yang biasa disebut juga dengan nama Sengayang dan Sengjang. Gunung ini adalah gunung tipe stratovolcano yang tingginya 2.087 mdpl. Meski termasuk gunung berapi, namun gunung ini sudah tidak aktif lagi.

Gunung yang ada di daerah Tabanan ini berada di antara Puncak Adeng dan Gunung Batukaru. Bagian lereng sebelah timurnya merupakan lembah yang lebat dan belum terjamah, namanya adalah Pulau Kuali.

Satu-satunya akses yang ada di sana adalah jalur setapak peninggalan jaman kerajaan, dimana jalur ini menjadi penghubung antara Jatiluwih dengan Tamblingan. Sebenarnya jalur ini adalah titik terdekat yang bisa Anda capai. Selebihnya tidak ada akses untuk menuju puncak. Karenanya tidak banyak pendaki yang mendatangi gunung ini.

Gunung Pohang

Yang terakhir adalah Gunung Pohang atau Gunung Pohen. Gunung ini juga merupakan tipe stratovolcano sama seperti Gunung Sanghyang. Lokasinya ada di sisi barat daya Bedugul dengan ketinggian sekitar 2.069 mdpl. Jalur pendakian yang ada di sini cuma satu, yakni Jalur Geothermal. Jalannya juga cenderung lurus dan hampir tidak ada zigzagnya sekalipun.

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
oleh Luh Suarning
Luh Suarning, admin sekaligus penulis di web Balipedia.iD - Agen resmi penjualan tiket wisata di Bali. Perempuan asli Bali, cantik, dan supel.

Satu pemikiran pada “Suka Mendaki? Inilah 6 Puncak Tertinggi Bali yang Siap untuk Ditaklukkan”

Tinggalkan komentar