Super Keren! 5 Wisata Kera Paling Dicari di Bali

Siapa sih yang disini tidak suka binatang? Semua orang pasti menyukai binatang. Bahkan terdapat beberapa orang mempunyai binatang kesukaan dan memeliharanya. Salah satu binatang yang mempunyai jumlah penggemar banyak adalah kera. Coba disini siapa yang tidak tahu kera? Hewan jenis mamalia ini sudah banyak yang tahu.

Namun siapa sangka di Pulau Bali terdapat wisata yang menyediakan banyak kera di dalamnya. Banyaknya kera ini membuat daya tarik tersendiri untuk wisata-wisata tersebut. Jika Anda berkunjung ke Bali, coba deh datang ke beberapa tempat wisata tersebut dijamin tidak membuat kecewa.

Tempat Wisata Kera di Bali

Monkey Forest Sangeh

Monkey Forest Sangeh, tempat wisata di Badung dengan tanaman homogen Pala ini mempunyai banyak kera di dalamnya bahkan jumlahnya bisa mencapai ribuan. Saat Anda memasuki Sangeh, ribuan kera tersebut akan langsung menyambut dan bertingkah lucu di hadapan Anda. Meski kera-kera disini sudah jinak, namun Anda tetap perlu berhati-hati terlebih lagi dengan barang bawaan.

Alas Kedaton

Alas kedaton merupakan wisata kera yang sering direkomendasikan biro perjalanan wisata Bali. Letaknya yang berada di Kabupaten Tabanan ini mempunyai pura bernama alas kedaton. Pura Alas Kedaton berada di tengah hutan, selain itu juga di hiasi beribu kera dan kelelawar besar. Disini Anda bisa memberinya makanan berupa kacang atau makanan ringan.

Monkey Forest Ubud

Wisata candi di Ubud Bali ini juga mempunyai beribu kera di dalamnya, tidak heran jika kera ini menjadi salah satu wisata paling dicari para wisatawan. Kera-kera di Monkey Forest Ubud mempunyai ciri khas tersendiri yaitu ekor panjang. Jangan terkejut dengan tingkah laku kera disini karena memiliki tingkah lucu bahkan terdapat beberapa kera yang manja dengan wisatawan.

Uluwatu

Siapa sangka Uluwatu yang merupakan tempat wisata paling terkenal di Bali Selatan menyimpan beribu kera di dalamnya. Saat berkunjung ke tempat wisata ini Anda akan disuguhi keindahan alam yang luar biasanya. Letaknya yang berada di atas tebing membuat Anda bisa menikmati keindahan laut lepas sembari melihat tingkah lucu kera. Cek: Tiket Masuk Uluwatu

Pulaki

Pulaki merupakan wisata di pantai Pulaki, Bali Utara. Di Pantai ini terdapat pura suci yang indah dan megah. Terdapat banyak kera yang berlalu lalang di sekitar pura dan pantai Pulaki ini. Namun jika dilihat secara garis besar, jumlah kera yang ada di Pulaki ini lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kera di tempat wisata lainnya.

Tips Aman Berkunjung ke Wisata Kera

Dilarang Memakai Barang Berharga

Saat berkunjung ke wisata kera sangat wajib meletakkan barang-barang berharga di dalam mobil dan sangat dilarang keras membawa barang berharga berkeliling. Kalung, gelang, jam lain sebagainya lebih baik disimpan, jika tidak bisa diambil oleh kera dan Anda akan kesulitan dalam mengambilnya. Ini karena kera akan lari dan naik ke pohon setelah mendapatkan benda.

Dilarang Memberi Makan Kera

Banyaknya wisata kera di Bali membuat banyak peraturan, terdapat wisata yang memperbolehkan memberi makan kera namun ada juga yang melarangnya. Namun kebanyakan akan menyediakan makanan kera sendiri yang bisa wisatawan beli saat ingin memberi makan kera. Jangan memberi makan kera dengan makanan yang tidak biasanya karena bisa membuatnya sakit.

Dilarang Membawa Makanan

Kera merupakan hewan yang mempunyai penciuman tajam. Kera bisa mendeteksi makanan yang Anda bawa. Untuk itu sangat dilarang keras membawa makanan di dalam tas. Memang tidak masalah jika hanya makanannya yang diambil, namun jika tas Anda ikut diambil bagaimana? Terlebih lagi jika tidak sengaja kera melukai Anda? Pasti akan sangat berbahaya.

Kunci Pintu Mobil Rapat

Bukan hanya wisatawan saja yang di dekati para kera, kendaraan yang ada di areal parkir juga tidak lepas dari incaran kera. Biasanya kera akan mendekat dan bermain di sekitar kendaraan. Jika Anda tidak menutup pintu atau jendela dengan rapat bisa membuat kera masuk, bahkan bisa mengambil barang-barang yang Anda simpan di dalam mobil.

Dilarang Melukai Kera

Meski sudah dilarang terkadang ada saja wisatawan yang tidak mematuhi peraturan yang membuat barangnya diambil kera. Jika hal ini terjadi jangan sekali-kali melukai kera tersebut. Jika tidak sangat berharga lebih baik pasrahkan saja, namun jika sangat berharga coba mengambilnya dengan pelan-pelan. Mengambil barang dari kera bisa membahayakan keduanya.

Wisata kera di Pulau Bali memang banyak dicari para wisatawan. Mereka ingin bermain dan berinteraksi langsung dengan kera-kera lucu di Pulau Bali ini. Meski terlihat lucu, namun tetap harus waspada karena namanya hewan tidak mempunyai pikiran dan sangat agresif saat dirinya merasa terancam.

Tidak sedikit kera yang melukai dan menyerang wisatawan karena merasa dirinya terancam. Untuk itu perlu berhati-hati saat berkunjung ke beberapa tempat wisata kera tersebut diatas dan patuhi semua peraturan yang ada. Peraturan ada untuk ditepati bukan untuk diingkari.

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
oleh Luh Suarning
Luh Suarning, admin sekaligus penulis di web Balipedia.iD - Agen resmi penjualan tiket wisata di Bali. Perempuan asli Bali, cantik, dan supel.

Tinggalkan komentar