7 Wisata Edukatif di Bali Paling Rekomendasi untuk Study Tour

Sebagai siswa sekolah pasti akan melakukan kunjungan sekolah atau sering disebut study tour. Mungkin banyak orang mengenal study tour sebagai piknik. Biasanya siswa yang melakukan study tour adalah kelas V, VII, XI. Untuk jenjang SD biasanya melakukan study tour yang dekat, SMP sedikit lebih jauh dan SMA agak jauh.

Study Tour merupakan kegiatan yang paling ditunggu siswa sekolah terlebih lagi siswa SMA, karena biasanya melakukan study tour ke Pulau Bali. Bukan hanya mencari hiburan saja, study tour juga harus bisa memberikan wawasan yang edukatif. Bingung mencari tempat wisata edukatif? Ini dia beberapa wisata edukatif di Bali wajib kunjungi.

Wisata Edukatif Pulau Dewata Bali

Bali Classic Center

Sesuai dengan namanya, wisata yang satu ini sangat menjunjung tinggi tradisi kebudayaan masyarakat Bali. Kenapa begitu? Disini wisatawan bisa belajar lebih jauh mengenai kehidupan dan tradisi masyarakat Bali. Konsep yang dimiliki BCC hampir sama dengan Taman Mini. Kebudayaan dan kehidupan sehari-hari bisa dipelajari disini.

Lokasinya yang berada di Ubud Bali membuat suasana yang segar dan menenangkan. Berkunjung disini akan merasa sebagai masyarakat Bali asli di jaman dahulu, dimana udara masih sejuk dan asri.

Tanjung Benoa

Siapa yang tidak tahu wisata satu ini. Ya tempat wisata ini disebut dengan Tanjung Benoa. Disini wisatawan bisa bermain aneka macam permainan air, namun siapa sangka terdapat wisata edukatif paling menarik di Tanjung Benoa. Wisata tersebut dinamakan Pulau Punya. Pulau yang dekat dengan Tanjung Benoa ini banyak di kunjungi.

Disini wisatawan bisa melihat hewan penyu yang banyak. Bukan hanya itu saja, jika Anda ingin berinteraksi secara langsung juga bisa lho. Wisata ini paling sering menjadi tujuan study tour siswa sekolah.

Desa Penglipuran

Ingin melihat desa di Bali yang belum tercemar budaya asing atau luar? Yuk datang ke Desa Penglipuran. Di desa ini tatanan desanya masih terjaga rapi dan sesuai adat yang ada. Pola kehidupan masyarakat disini masih seperti jaman dahulu tanpa adanya budaya asing. Bahkan arsitektur bangunan masih menggunakan khas Bali.

Rumah-rumah adat di Desa Penglipuran tertata dengan rapi dan sangat indah untuk dipandang. Kebersihan yang terjaga dengan sangat rapi juga membuat pemandangan segar bahkan menjadi desa terbersih di Bali.

Kebun Raya Bedugul

Study tour dengan belajar aneka macam flora? Kebun Raya Bedugul jawabannya. Tempat wisata yang ada di Bedugul ini mempunyai banyak jenis tanaman yang cantik. Bahkan tanaman bunga yang langka masih bisa Anda lihat di Kebun Raya Bedugul ini. Bunga yang indah dan daun yang segar membuat kawasan ini sangat epik.

Namun jangan pernah ‘jahil’, jangan karena bunganya indah membuat Anda ingin memetik dan membawanya, karena merusak tanaman tersebut. Biarkan saja bunganya tumbuh dan memberikan kebahagiaan untuk siapa saja yang melihat.

Pasar Seni Sukowati

Bukan hanya terkenal karena banyak barang dijual dengan harga sangat murah, namun di Pasar Seni Sukowati juga menyediakan hasil karya khas bali. Tempat ini sangat cocok untuk membeli oleh-oleh khas Pulau Dewata. Anda bisa membeli pakaian, lukisan, kerajinan tangan, aksesoris dan lain sebagainya.

Saat berkunjung ke sini jangan lupa untuk menawar, karena pasar tradisional tidak mempunyai harga pas. Jika beruntung Anda bisa mendapatkan banyak barang tanpa menguras kantong.

Green School Bali

Siswa pasti bosan belajar di ruang yang tertutup, coba deh masukkan Green School Bali ke dalam daftar study tour Anda. Sesuai dengan namanya tempat wisata ini merupakan sekolah alam di tempat terbuka. Sekolah ini benar-benar luar biasa terlebih lagi untuk Anda yang sering beraktivitas padat di kota.

Bukan hanya letaknya saja yang berada di alam liar, material yang digunakan untuk membangun sekolah ini juga terbuat dari bahan-bahan alam. Udara sejuk dan suasana tenang membuat siapa saja betah berlama-lama.

Bali Zoo Park

Berlibur di kebun binatang memang sangat mengasyikkan. Terlebih lagi dengan banyaknya species yang ada di kebun binatang tersebut seperti di Bali Zoo Park. Wisatawan pasti banyak yang berkunjung, baik hanya untuk melihat saja atau untuk mempelajari berbagai macam species yang ada di dunia. Bali Zoo Park sangat tepat sebagai tempat wisata saat study tour.

Kebun binatang dengan konsep modern dan eksekutif ini berada di Gianyar Bali. Wisata yang buka pukul 09.00-17.00 WITA ini bukan hanya menyediakan kebun binatang namun juga wahana air yang mengasyikkan.

Sebuah kegiatan study tour memang harusnya lebih mengutamakan edukasi dari pada hiburannya. Selain itu wisata edukasi juga membuat siswa menjadi senang sekaligus belajar banyak hal. Jika Anda ingin merencanakan study tour, rekomendasi diatas pasti sangat membantu dalam menentukan tempat wisata.

Cek juga: Harga Bali Safari Park

Beberapa tempat wisata edukasi diatas sangat tepat untuk siswa-siswa yang sedang study tour. Setiap tempat pasti mempunyai keunikan masing-masing. Sesuaikan saja dalam memilih tempat wisata dengan konsep yang dimiliki. Dengan begitu study tour bisa menjadi lebih menyenangkan.

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
oleh Luh Suarning
Luh Suarning, admin sekaligus penulis di web Balipedia.iD - Agen resmi penjualan tiket wisata di Bali. Perempuan asli Bali, cantik, dan supel.

Tinggalkan komentar