Mengenal Pantai Amed, Lokasi Penuh Keindahan Bawah Laut Bali

Bali mempunyai sejuta alasan menarik perhatian para turis lokal dan asing untuk berkunjung. Pulau Dewata ini memiliki beragam jenis destinasi wisata menarik mulai dari pantai hingga tama hiburan. Budaya masyarakat lokal yang sangat kental semakin menambah kekaguman turis mancanegara. Banyak turis yang menjadikan Bali destinasi favorit mereka selama musim liburan.

Ada beragam tempat wisata yang masih tersembunyi atau tidak banyak orang mengetahui keberadaannya, salah satunya adalah Pantai Amed. Keindahan pantai yang masih jarang terjamah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis. Pantai ini terkenal sebagai lokasi diving favorit. Yuk simak informasi lengkap mengenai titik wisata di Pantai Amed berikut ini.  

Informasi Umum Mengenai Pantai Amed

Lokasi Pantai Amed

Pantai Amed terletak di ujung timur pulau Bali tepatnya di Desa Amed Karangasem yang terletak di kecamatan Abang, kabupaten karangasem, Bali. Lokasi pantai cukup jauh bila ditempuh dari bandara internasional Ngurah Rai yaitu sekitar 3,5 jam perjalanan darat atau 102 kilometer. Kondisi jalan yang berliku-liku akan sering Anda temui ketika menuju ke lokasi Pantai Amed.

Transportasi Menuju Pantai Amed

Anda dapat menggunakan atau menyewa mobil pribadi menuju ke Pantai Amed. Bila Anda tidak bisa menyetir maka carilah sopir terpercaya yang dapat mengantarkan Anda dengan selamat dan aman ke lokasi. Sesampainya di lokasi, Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun empat untuk berkeliling. Penyewaan sepeda motor dua dapat mudah Anda temui di desa ini.  

Penginapan Sekitar Pantai Amed

Tidak sulit menemukan penginapan di kawasan sekitar Pantai Amed. Anda dapat menemui beragam penginapan dengan beragam tingkat fasilitas yang ditawarkan kepada wisatawan. Pilihan penginapan murah, menengah, dan mahal disesuaikan dengan kebutuhan dan budget liburan Anda. Penginapan dengan pelayanan terbaik selalu memprioritaskan pengunjung sebagai raja.

Tempat Makan di Pantai Amed

Tidak sulit menjumpai tempat makan atau restoran di area wisata Amed. Hotel atau penginapan di kawasan Amed umumnya menyuguhkan makanan cita rasa Indonesia dan western. Bila Anda tidak terbiasa dengan makanan western, Anda dapat meminta petugas hotel untuk membuatkan Anda makanan bercita rasa lokal. Makanan yang dijual di area Amed cukup terjangkau bagi wisatawan.

Daya tarik Pantai Amed yaitu keindahan alam bawah laut yang memukau. Wisata Amed menjadi lokasi diving dan snorkeling favorit para wisatawan asing dan lokal ketika singgah di Bali. Pantai ini memiliki titik diving tertentu dengan beragam keindahan yang ditawarkan. Berikut ini adalah empat titik lokasi diving favorit para turis di Pantai Amed, yuk simak!

4 Lokasi Diving Favorit Pantai Amed

Japanese Ship Wreck

Sebuah bangkai kapal milik Jepang yang tenggelam ribuan tahun yang lalu dapat menjadi lokasi diving favorit para pengunjung. Bangkai kapal yang dipenuhi karang dan makhluk laut seperti leaf fish, kuda laut, scorpion fish, dan jenis ikan laut lainnya semakin menambah keunikan dan nilai estetik wisata bawah laut Amed. Anda dapat menuju lokasi tersebut dengan panduan dari profesional.

Jemeluk Bay

Di kedalaman laut sekitar 5 sampai 25 meter ini Anda dapat melihat pura yang terkubur di bawah lautan dan berbagai karang dan ikan lucu. Pura tersebut dijadikan rumah bagi ikan-ikan untuk berkembang biak atau bersembunyi dari predator. Anda dapat merasakan pengalaman menyelam bersama kepiting, udang, penyu, kuda laut, hingga hiu ujung putih di titik diving bawah laut Amed.

Bunutan

Titik diving favorit lainnya berada di kedalaman 10 sampai 40 meter. Anda dapat menyaksikan ribuan belut bermunculan dari pasir dasar laut. Anda juga dapat melihat berbagai jenis ikan seperti tuna, kuda laut, dan Giant Trevally serta beberapa spesies hiu berenang di area menyelam bawah laut ini.

Selain ikan-ikan yang lucu, Anda dapat menjumpai karang lautan yang indah dan berwarna-warni di kedalaman 50 meter. Kumpulan karang lautan ini membentuk taman karang yang luas sekitar 500 meter. Karang ini dijadikan rumah bagi spesies hewan laut seperti anemone, kuda laut, dan beberapa spesies ikan kecil untuk berkembang biak dan berlindung dari predator yang mengancam.

Pyramids

Anda harus menggunakan kapal dari Pantai Jemeluk menuju Pyramids. Anda dapat menjumpai beragam spesies kura-kura, napoleon wrasse, hiu, dan spesies ikan lainnya di bawah laut Amed. Wisata Amed juga memiliki titik diving bawah laut lainnya seperti Jetty Cliff dan Gili Selang yang pastinya sama indah dan super keren. Para penyelam menemukan keunikan masing-masing di setiap titik diving.     

Keindahan alam yang tidak terbatas ini menjadikan Bali sebagai “surga tersembunyi” dengan berbagai destinasi wisata alam yang ditawarkan. Anda harus menjaga kebersihan selama berkunjung di Pulau Dewata Bali. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian alam demi anak cucu bangsa.

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
oleh Luh Suarning
Luh Suarning, admin sekaligus penulis di web Balipedia.iD - Agen resmi penjualan tiket wisata di Bali. Perempuan asli Bali, cantik, dan supel.

Tinggalkan komentar