Yuk Jalan-jalan Cantik di Campuhan Ridge Walk Bali

Banyak ditemui spot unik di Bali yang menarik hati turis untuk berkunjung. Pulau Dewata merupakan satu paket lengkap untuk berlibur sendiri atau bersama teman, pasangan, dan keluarga. Rasanya seminggu di Bali tidak akan pernah cukup menjelajah berbagai destinasi wisata yang menarik. Salah satu lokasi yang sering dikunjungi turis adalah Campuhan Ridge Walk.

Informasi Umum Campuhan Ridge Walk

Lokasi

Campuhan Ridge Walk adalah sebuah trek jogging di sekitar perbukitan Campuhan, Bali. Tempat ini terletak di Jalan Raya Campuhan, Sayan, Ubud, Kelusa, Payangan, Kabupaten Gianyar. Lebar dari trek ini hanya seluas 1,5 meter dengan panjang sekitar 2 kilometer. Bagi Anda yang suka jogging atau berjalan-jalan santai pasti akan menyukai lokasi ini.

Daya Tarik

Pemandangan pegunungan dan perbukitan yang sangat asri dapat Anda lihat di kanan dan kiri jalur setapak. Turis lokal maupun asing senang berkunjung ke tempat ini untuk melihat sunrise dan sunset di Bali. Lembah, rumput hijau, dan sungai yang berada di pinggiran jalan setapak ini membuat sebuah pemandangan indah nan istimewa. Anda tidak akan lelah melihat pemandangan yang memanjakan mata ini.  

Akses Transportasi

Tidak sulit bagi Anda untuk menemukan lokasi jalan setapak bukit Campuhan Bali karena Anda hanya memerlukan waktu kurang dari 10 menit dari pusat Ubud. Anda dapat menggunakan sepeda motor beroda dua atau mobil untuk menjangkau lokasi ini. Anda dapat menyewa sepeda motor atau mobil dari pusat Ubud agar dapat sampai ke jalan setapak Campuhan dengan nyaman.

Pintu masuk menuju jalan setapak bukit Campuhan ini terletak di Warwick Ibah Luxury Villas & Spa. Anda harus mengambil jalur kiri agar sampai di Campuhan Ridge Wak. Bila Anda membawa kendaraan bermotor, maka Anda harus menaruh atau menitipkan kendaraan Anda di area sekolah. Umumnya banyak ditemui petugas parkir di sekitar jalan setapak ini untuk menjaga kendaraan Anda.

Penginapan

Banyak penginapan ditemukan di dekat area jalan setapak bukit Campuhan Bali ini. Berbagai hunian dengan harga terjangkau dapat Anda coba seperti Warwick Ibah Luxury Villa and Spa, Hotel Tjampuhan and Spa, Gusti Garden 2 Guest House, Prashanti Ubud, Murni’s Houses and Spa, dan De Munut Balinese Resort and Spa. Banyak fasilitas lengkap ditawarkan kepada pengunjung penginapan tersebut.  

Jalan setapak bukit Campuhan ini sering dikunjungi turis lokal maupun asing untuk berjalan-jalan atau hanya untuk mengambil gambar. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat berada di Campuhan Ridge Walk, yuk simak!

Waktu Terbaik

Tempat ini berlokasi di dataran tinggi perbukitan Campuhan. Anda dapat melihat matahari terbit dan matahari terbenam dengan indah dari tempat ini. Turis pada umumnya jogging di waktu dini hari hingga matahari terbit. Mereka juga berjalan-jalan santai di sore hari sambil menunggu matahari tenggelam. Semburat jingga yang tampak dari Barat semakin memperindah pulau Bali.

Banyak anak muda yang menghabiskan waktu di tempat ini untuk mengambil gambar di momen yang tepat di area Bukit Campuhan. Tempat ini terkenal di kalangan anak millennial untuk menghiasi feed di akun Instagram mereka. Banyak ditemui pasangan muda yang akan menikah melakukan foto pre-wedding dengan sangat cantik dan menawan.

Persiapkan Air Mineral

Lokasi trek ini lumayan jauh dari area toko atau warung, sehingga Anda harus membawa air mineral sendiri untuk diminum sewaktu-waktu. Durasi perjalanan di tempat ini memakan waktu sekitar 15-20 menit. Selain air minum, pastikan Anda sudah mengisi perut terlebih dahulu sebelum datang ke tempat ini. Perjalanan akan jauh lebih nyaman ketika Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri.

Menaati Peraturan

Sebagai pengunjung yang baik, Anda tentunya harus menjaga kebersihan dan kesopanan selama berada di lokasi ini. Anda dilarang melakukan tindakan asusila dan mengotori area jalan setapak Campuhan. Lebih baik Anda menyimpan dan membawa pulang bungkus makanan, botol air mineral, dan puntung rokok agar tidak merusak keindahan Alam bukit Campuhan Bali.

Memakai Baju dan Alas Kaki yang Nyaman

Busana yang nyaman akan menaikkan mood untuk melakukan aktivitas. Bila Anda ingin jogging di tempat ini maka pakailah pakaian dan sepatu olahraga yang sesuai dan nyaman. Bila Anda ingin jalan-jalan saja maka pakailah busana casual yang santai dan tidak merepotkan. Gunakan pakaian berbahan dasar katun yang halus dan menyerap keringat dengan baik.

Dilarang Berbuat Keonaran dan Membawa Narkoba

Anda tentunya ingin berwisata nyaman dan aman, bukan? Ada sanksi adat khusus dan pemberian denda bagi pengunjung yang melanggar peraturan yang berlaku di area jalan setapak Campuhan ini.

Menjadi turis yang baik dengan cara menaati peraturan setempat yang berlaku, menghormati warga setempat, dan tidak membuat keributan atau kekacauan. Hal ini dilakukan untuk menjaga ketenangan alam dan penduduk sekitar tempat wisata.  

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
[Total: 2   Average: 5/5]
oleh Luh Suarning
Luh Suarning, admin sekaligus penulis di web Balipedia.iD - Agen resmi penjualan tiket wisata di Bali. Perempuan asli Bali, cantik, dan supel.

Tinggalkan komentar