Yuk Mengenal Lebih dalam Aneka Masakan Tropis Bali di 6 Kelas Memasak Terbaik Ini

Kelas memasak di Bali memang menjadi semakin populer. Hal tersebut bukanlah hal yang mengejutkan, mengingat masakan tropis dari pulau cantik ini adalah daya tarik bagi para wisatawan. Semua itu berkat bahan-bahannya yang kaya, tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan untuk setiap ludah, dan teknik persiapan yang menyenangkan.

Biasanya kursus memasak dikemas dengan wisata mengunjungi pasar ikan dan pasar tradisional di pagi hari. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan berbagai makhluk laut tropis segar, daging, unggas, rempah-rempah eksotis aromatik, dan buah-buahan tropis yang ditanam secara organik sebelum Anda mulai mengolahnya menjadi menu lezat.

Aneka Kelas Memasak yang Wajib Anda Ikuti

Iboe Soelastri’s Cooking Class

Untuk yang berencana liburan di Canggu, maka kelas memasak Iboe Soelastri yang dibuka di Hotel Tugu Bali ini wajib dimasukkan ke dalam what-to-do-list Anda. Di sini, Anda bisa mencoba rasa lokal dan belajar tentang aneka rempa serta bahan eksotis, beragam teknik memasak tradisional yang merupakan warisan budaya Bali.

Yang menarik dari kelas memasak Iboe Soelastri adalah Anda akan dibawa berkeliling pasar tradisional. Dan sekembalinya dari pasar, Anda bisa menghabiskan waktu untuk memasak di dapur dengan desain klasik, lengkap dengan tungku berbahan bakar kayu. Perabotan kayu antik dan gerabah tua semakin menambah kesan kuno.

Bumbu Bali

Bumbu Bali adalah salah satu kelas memasak paling terkemuka yang ada di pulau tersebut. Di sini Anda akan belajar mengenal aneka bahan eksotis dan kuliner unik yang ada di Bali. Sebagai peserta kelas memasak, Anda akan memulai wisata dengan mengunjungi pasar ikan dan pasar tradisional Jimbaran.

Setelah berbelanja, Anda akan diajak menikmati sarapan kecil dengan kue tradisional, buah-buahan, puding yang terbuat dari beras hitam Bali dan pangsit tepung beras. Baru pada pukul 9.45 salinan resep akan dibagikan dan keseruan memasak bersama akan dimulai. Di jam makan siang, kreasi Anda akan dihidangkan dengan ulasan.

Bali Asli

Terletak di Desa Gelumpang di Karangasem, berjarak kira-kira 2 jam perjalanan dari bandara, kelas memasak Bali Asli menawarkan pengalaman tak terlupakan. Bali Asli merangkul komunitas nelayan dan petani setempat untuk mempromosikan masakan khas Bali kepada para pengunjung.

Dengan dapur bergaya Bali tradisional, Anda akan diajak kembali ke masa lalu. Anda akan diajak untuk mengamati proses penanaman padi, pergi ke laut untuk menangkap ikan, dan memasak di atas tungku terbuka. Anda juga bisa belajar membuat koktail yang terbuat dari bahan anggur kacang mete.

Casa Luna

Lembaga kuliner di Ubud, Casa Luna merupakan hasil gagasan Janet de Neefe, seorang pecinta masakan khas Bali yang telah menerbitkan serangkaian memoir dan buku masak. Kelas memasak dibawakan langsung oleh Janet sendiri di salah satu Honeymoon Guesthouses di Jalan Bisma di Ubud.

Tak hanya belajar tentang rempah-rempah eksotis dan rempah-rempah yang digunakan dalam masakan tradisional, Anda juga akan mempelajari peran dan pentingnya makanan dalam kebudayaan Bali dan upacara tradisional yang penuh warna. Tersedia berbagai pilihan jadwal yang bisa Anda ambil.

Anika Cooking Class

Di sini, para peserta akan ditawarkan sesi di mana mereka menemukan teknik tradisional dan berbagai bumbu serta rempah-rempah dalam suasana restoran modern. Sudut pantry meniru dapur tradisional Bali dengan dekorasi interior serta pajangan yang memperlihatkan bahan dan peralatan sederhana.

Tur pagi hari dimulai di pasar tradisional di Kuta. Di sini Anda akan diajak untuk mempelajari beberapa tips berguna dalam memilih rempah-rempah dan bahan-bahan dengan kualitas terbaik. Selain mempelajari teknik tradisional, Anda juga diperbolehkan berkreasi dengan teknik bari menggunakan berbagai peralatan yang ada.

Paon Bali Cooking Class

Paon Bali Cooking Class merupakan tempat yang paling direkomendasikan bagi mereka para pecinta kuliner. Terutama bagi mereka yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang aneka bahan yang bervariasi dan juga teknik unik yang digunakan untuk menyiapkan masakan tradisional khas Bali.

Kelas memasak di sini diselenggarakan oleh pasangan asli Bali, yakni Wayan dan Puspa, langsung di tempat tinggal mereka yang terletak di desa dataran tinggi Petulu yang menawarkan udara sejuk dan pemandangan tradisional. Jaraknya sekitar 10 menit berkendara dari pusat Ubud.

Tips Memilih dan Menyimpan Makanan Segar

Ayam, Bebek, Kalkun

Cari yang bulat atau montok, bebas dari cacat, memar, dan patah tulang. Pastikan warna kulitnya terang dan berwarna seperti kulit. Bersihkan dan potong unggas sebelum menyimpannya.

Daging Merah

Untuk daging sapi, carilah yang tanpa lemak keras, daging yang bagus harus sedikit lembab dengan warna merah segar. Untuk daging domba, pilih yang berwarna merah muda dank eras dengan sedikit warna marmer dan sedikit lemak.

Ikan dan Jenis Makanan Laut Lainnya

Makanan laut harus berbau segar. Bukan amis atau asam. Mata ikan harus jernih, sedikit menonjol, dengan daging mengkilap metalik dan insang merah cerah. Untuk kerang, cangkangnya harus tertutup rapat.

Itulah keenam pilihan kelas memasak yang bisa Anda pilih jika ingin mengenal lebih dalam tentang masakan khas Bali. Dan jangan lupa praktekkan tips memilih bahan segar di atas, ya!

Bagikan Yuk:
Tolong vote bintang 5 dong
oleh Luh Suarning
Luh Suarning, admin sekaligus penulis di web Balipedia.iD - Agen resmi penjualan tiket wisata di Bali. Perempuan asli Bali, cantik, dan supel.

Tinggalkan komentar